Rutan II B Wates latih petugas pengamanan untuk bongkar pasang senjata api

id Rutan Wates ,Kulon Progo

Rutan II B Wates latih petugas pengamanan untuk bongkar pasang senjata api

Polda DIY memberikan pelatihan bongkar pasang senjata api terhadap petugas pengamanan Rutan Wates Kulon Progo. (ANTARA/HO-Dokumen Rutan Wates)

Kulon Progo (ANTARA) - Rumah Tahanan Kelas II B Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, membekali petugas pengamanan rutan dengan pelatihan bongkar pasang senjata api .

Kepala Pengamanan Rutan Kelas II B Wates Didik Wahyu Hidayat di Kulon Progo, Kamis, mengatakan pelatihan ini merupakan bukti keseriusan jajaran Rutan Kelas II B Wates untuk mewujudkan 3+1 kunci sukses pemasyarakatan maju, yakni dengan melakukan deteksi dini, pemberantasan narkoba, membangun sinergi dengan aparat penegak hukum lain, dan back to basic.

"Kegiatan ini adalah salah satu bukti keseriusan Rutan Wates dalam menjalankan arahan 3+1 bahwa Rutan Wates terus membangun sinergi dengan aparat penegak hukum lain, khususnya Polda DIY,” kata Didik.

Ia mengatakan pelatihan menghadirkan instruktur tim dari Polda DIY yang dipimpin Kasubditbinsatpam/Polsus Polda DIY AKBP Hadi Sutomo.

Puluhan anggota petugas pengamanan Rutan Kelas II B Wates terlihat antusias dan serius mengikuti pelatihan. Adapun senjata yang digunakan dalam pelatihan merupakan jenis P3 dan Shotgun 12 GA buatan Pindad.

"Dengan pelatihan ini harapan yang ingin dicapai adalah meningkatnya kapasitas kemampuan dan keterampilan jajaran pengamanan Rutan Wates dalam penggunaan dan  perawatan senjata sesuai prosedur. Dengan begitu, petugas Rutan Wates mampu bekerja terampil, profesional, dan cepat,” kata Didik.

Sementara itu, Kasubditbinsatpam/Polsus Polda DIY AKBP Hadi Sutomo mengatakan bahwa peningkatan kemampuan polisi khusus (polsus) menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan jajaran Polda DIY.

Hadi menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan sinergi yang baik antara Rutan Wates dan Polda DIY.

“Terima kasih kepada Rutan Wates atas sinerginya, ke depan apabila menginginkan pelatihan lain silakan hubungi kami,” kata Hadi.

Kegiatan ini dirangkai dengan pengambilan sidik jari petugas Rutan Wates yang dilaksanakan Tim Inavis Polda DIY.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024