Pemkab Sleman kembali raih penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan

id Penghargaan UHC BPJS,BPJS Kesehatan ,BPJS Kesehatan Sleman ,Bupati Sleman ,Kabupaten Sleman

Pemkab Sleman kembali raih penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menerima penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan yang serahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kepada Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/3/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali memperoleh penghargaan "Universal Health Coverage" (UHC) dari Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan atas capaian kepesertaan lebih dari 95 persen dari penduduk di wilayah itu.

Piala penghargaan diserahkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin kepada Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa.

"Capaian UHC adalah keberhasilan bersama dari seluruh elemen masyarakat Sleman," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam pesan tertulis yang diterima di Sleman.

Menurut dia, dengan adanya kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat, Kabupaten Sleman sukses meraih capaian 98,18 persen untuk semester pertama.

"Hari ini Sleman mendapatkan penghargaan 'Universal Health Coverage' ( UHC). Apresiasi ini berhasil kita dapatkan berkat kesadaran dan kerja sama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Sleman dengan seluruh masyarakat," katanya.

Baca juga: Pemkab Kulon Progo meraih cakupan semesta jaminan kesehatan 97,34 persen

Kustini juga mengajak semua pihak terkait untuk meningkatkan kembali capaian kepesertaan BPJS kesehatan ini.

"Semoga sekaligus juga meningkatkan kemudahan masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan terbaik," katanya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sleman berkomitmen untuk meningkatkan capaian UHC terutama dalam menghasilkan kualitas layanan kesehatan yang terjamin, profesional dan adil bagi seluruh masyarakat.

"Dengan komitmen ini, kami yakin kesejahteraan masyarakat khususnya di bidang kesehatan juga akan akan meningkat," katanya.

Sedangkan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin yang hadir pada acara tersebut memberikan arahan agar sinergitas antara lembaga dapat dioptimalkan.

"Harapannya, jaminan kesehatan seluruh masyarakat dapat dipastikan terlindungi melalui program JKN," kata Ma'ruf Amin dalam pidatonya yang disaksikan secara daring dalam layar lebar di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sleman.

Wapres juga berharap, pencapaian pemerintah daerah yang meraih UHC dapat diikuti oleh pemerintah daerah lainnya di Indonesia.

"Saya minta agar sinergi antara BPJS Kesehatan, kementerian, dan lembaga, bersama seluruh pemda dapat terus dioptimalkan untuk memastikan seluruh warga terlindungi dalam program JKN," katanya.

Ia berharap pula setiap lini masyarakat Indonesia mendapatkan perlindungan kesehatan sesuai hak dan kewajibannya.

"Sehingga, manfaat program JKN dapat dirasakan oleh masyarakat dan menumbuhkan rasa bangga bagi bangsa Indonesia," katanya.



 Baca juga: Pemkot Yogyakarta berkomitmen pertahankan capaian UHC JKN

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kabupaten Sleman kembali raih penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024