China gelar latihan militer dekat Taiwan

id PLA China,militer china,pasukan china,china-taiwan,taiwan-as,tsai-mccarthy,tsai ing wen,kevin mccarthy

China gelar latihan militer dekat Taiwan

Formasi jet tempur milik Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) yang tergabung dalam Komando Armada Selatan sebelum lepas landas dalam latihan penerbangan pada pertengahan Januari 2023. (ANTARA/China Military)

Beijing (ANTARA) - Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) menggelar latihan militer di sekitar Taiwan sebagai bentuk respons atas pertemuan Pemimpin Taiwan Tsai Ing Wen dengan Ketua DPR Amerika Serikat Kevin McCarthy di California, Rabu.

"Sedikit pun China tak akan mundur," demikian bunyi unggahan Komando Armada Timur PLA di akun media sosialnya, Selasa (4/3).

Latihan tersebut digelar sehari sebelum libur nasional Festival Qingming yang dalam tradisi masyarakat Tionghoa diperingati dengan berziarah dan membersihkan makam para leluhur mulai Rabu.

Latihan yang melibatkan pasukan angkatan darat, laut, dan udara China dengan fokus utamanya lebih pada misi pendaratan amfibi itu dilakukan beberapa saat sebelum pertemuan Tsai-McCarthy digelar, demikian PLA.
 

 




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: China latihan militer di dekat Taiwan, respons pertemuan Tsai-McCarthy
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024