Mensos sedang patenkan tongkat penuntun adaptif untuk tunanetra

id tongkat adaptif mensos,Tri Rismaharini,Mensos

Mensos sedang patenkan tongkat penuntun adaptif untuk tunanetra

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat menjadi pembicara dalam Dialog Ramadhan bertajuk "Peran Kartini Mengupas Permasalahan Bangsa" di Masjid Kampus Mardliyyah UGM, Sleman, Minggu (16/4/2023). ANTARA/Luqman Hakim.

Yogyakarta (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan sedang mematenkan tongkat penuntun adaptif (TPA) di Jenewa, Swiss, yang berfungsi sebagai alat bantu jalan penyandang disabilitas netra.

"Sekarang sedang saya patenkan di Jenewa karena kemarin waktu saya presentasi di Jenewa banyak yang mau beli, saya bilang sebentar ini sedang saya patenkan," kata Tri Rismaharini saat menjadi pembicara dalam Dialog Ramadhan bertajuk "Peran Kartini Mengupas Permasalahan Bangsa" di Masjid Kampus Mardliyyah UGM, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu.

Risma menyebut berinisiatif mengembangkan tongkat tersebut karena teringat salah seorang warga penyandang tunanetra di Kota Surabaya.



Ia mengatakan saat menjadi Wali Kota Surabaya ada salah seorang warga penyandang tunanetra meninggal dunia akibat tidak mengetahui bencana banjir yang tiba-tiba datang.

"Ada warga saya yang tunanetra tidak tahu ada air datang kemudian dia meninggal. Oleh karena itu, saya ciptakan tongkat adaptif, kalau ada air datang tongkat akan berbunyi seperti sirine," ujar dia.

Tidak sekadar mampu mendeteksi banjir, kata Risma, tongkat adaptif tersebut juga mampu memberi peringatan saat muncul api atau objek bersuhu panas di depan penggunanya.



Dengan menggunakan tongkat itu, menurut dia, penyandang tunanetra mampu mengetahui keberadaan suatu benda di hadapannya melalui peringatan berupa suara.

"Kalau di depan ada objek tongkat langsung berbunyi 'ada objek, ada objek'," ujar dia.

Selain itu, menurut Risma, tongkat adaptif ciptaannya juga dilengkapi GPS yang berguna untuk mencari lokasi terakhir dari tongkat tersebut.

"Jadi, kalau ada pemakai yang kesasar atau tersesat, kita bisa cari di mana dia," ujar Mensos.



Kepada salah seorang peserta penyandang tunanetra yang hadir dalam dialog itu, Tri Rismaharini mengatakan akan memberikan tongkat itu secara cuma-cuma. "Nanti saya kasih. Hadiah dari saya," ujar Mensos Risma.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024