Cepat daftar, ada bursa kerja sediakan 4.237 lowongan

id bursa kerja, magelang

Cepat daftar, ada bursa kerja sediakan 4.237 lowongan

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang Asfuri Muhsis membuka bursa kerja. (ANTARA/HO - Bagian Prokompim Kabupaten Magelang)

Magelang (ANTARA) - Pelaksanaan bursa kerja atau job fair di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada 20-21 Juni 2023 menyediakan sebanyak 4.237 lowongan kerja untuk umum dan 75 lowongan kerja untuk disabilitas.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Bursa Kerja Pemkab Magelang Adib Bahari di Magelang, Selasa, menyampaikan tujuan kegiatan itu untuk mengurangi pengangguran melalui penempatan tenaga kerja di sektor formal, baik di dalam maupun di luar kabupaten, bahkan luar negeri.

"Kegiatan ini mempertemukan ketersediaan tenaga kerja dengan permintaan tenaga kerja dan sebagai sarana memperluas informasi pasar kerja di wilayah Kabupaten Magelang," katanya.

Ia menyebutkan sejumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, antara lain teknisi, akuntan, supervisor training dan SDM, staf penagihan, administrasi, operator, dan wiraniaga.

Dalam kegiatan itu juga akan diselenggarakan temu wicara, kata dia, tentang seluk beluk bekerja ke Jepang dan Korea, dengan narasumber dari Badan Pelayanan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Jawa Tengah dan perusahaan Jepang PT JIAEC Cabang Yogyakarta.

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang Asfuri Muhsis menyampaikan dari data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Kabupaten Magelang yang bekerja pada tahun 2022 sebanyak 781.195 orang atau 75,62 persen dari penduduk berusia 15 tahun ke atas, sedangkan jumlah pengangguran sebanyak 40.895 orang.