Festival Komunitas Seni Media 2023 kukuhkan ekosistem

id Kebudayaan,Festival budaya

Festival Komunitas Seni Media 2023 kukuhkan ekosistem

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyelenggarakan Festival Komunitas Seni Media (FKSM) 2023 di Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sabtu (2/9/2024). (ANTARA/HO-Kemendikbudristek)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyelenggarakan Festival Komunitas Seni Media (FKSM) 2023 di Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Festival yang merupakan kerja sama dengan ARCOLABS UPTD Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Barat ini akan berlangsung mulai 2 hingga 8 September 2023.

“Penyelenggaraan FKSM yang berpindah kota setiap tahun menjadi langkah strategis untuk mengukuhkan ekosistem seni media di Indonesia melalui perluasan akses terhadap seni dan teknologi media,” kata Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Festival tersebut akan diisi beragam kegiatan mulai dari pameran seni media, pentas pertunjukan silang-media, serta serangkaian kegiatan edukasi bagi publik umum dan pelajar di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

FKSM yang sebelumnya dikenal sebagai Pekan Seni Media telah dilakukan di Bandung pada 2015–2016, Pekanbaru pada 2017, Palu, pada 2018, Samarinda pada 2019, dan Bengkulu pada 2022.

Untuk tahun ini, FKSM memilih Mataram sebagai tuan rumah atas pertimbangan komunitas seni dan Taman Budaya di Lombok yang terus bertumbuh secara aktif dan dinamis.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra menuturkan acara ini akan menjadi wadah bertukar ide dan berkolaborasi bagi para seniman Indonesia.

Pemilihan karya dan komunitas dalam FKSM 2023 berangkat dari kerangka kurasi Tanah Dialektika terkait media dan teknologi yang berkontribusi pada dinamika suatu masyarakat.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek selenggarakan Festival Komunitas Seni Media di NTB
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024