Presiden Jokowi bisiki Ganjar tangani kedaulatan pangan

id Ganjar Pranowo,Capres,Pemilu,Joko Widodo,Rakernas PDIP,pdip

Presiden Jokowi bisiki Ganjar tangani kedaulatan pangan

Presiden Jokowi memberikan sambutan pada Pembukaan Rakernas IV PDIP di Jakarta, Jumat (29/9/2023). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengaku memberikan bisikan kepada bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo untuk segera menangani kedaulatan pangan setelah dilantik jika terpilih menjadi Presiden periode 2024-2029.

"Tadi saya bisik-bisik ke beliau. Pak, nanti habis dilantik besoknya langsung masuk kedaulatan pangan, enggak usah lama-lama. Perencanaannya disiapkan sekarang, begitu dilantik besok langsung masuk ke kerja kedaulatan pangan," kata Presiden Jokowi pada Pembukaan Rakernas IV PDIP di Jakarta, Jumat.

Presiden berpesan agar Ganjar Pranowo yang kini juga menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah tersebut untuk menyiapkan perencanaan dari sekarang dalam mengantisipasi krisis pangan sebagai dampak dari perang Ukraina dan Rusia.

Jokowi menjelaskan bahwa krisis pangan bukanlah kondisi yang mudah untuk diselesaikan di tengah perubahan iklim yang nyata.

Musim kemarau yang panjang pun menyebabkan gagal panen, serta ancaman gagal panen akibat fenomena super El Nino di 7 provinsi yang dapat memengaruhi pasokan pangan.

Kepala Negara pun mengakui betapa ngerinya hampir semua negara membatasi ekspor komoditas pertanian mereka, khususnya gandum untuk konsumsi dalam negeri.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi bisiki Ganjar tangani kedaulatan pangan usai dilantik Presiden
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024