Pelatihan vokasi di Indonesia dilirik pencari kerja

id Menaker,Pencari kerja ,Peningkatan kompetensi ,Pelatihan vokasi

Pelatihan vokasi di Indonesia dilirik pencari kerja

Menaker Ida Fauziyah (kiri) saat menghadiri Festival Vokasi dan Job Fair 2023 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (28/10/2023). (ANTARA/HO-Kemnaker)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan tingginya antusiasme pengunjung dalam Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair 2023 menunjukkan pelatihan vokasi banyak dilirik oleh para pencari kerja dan pekerja untuk meningkatkan kompetensi.

"Pelatihan vokasi dapat menjadi solusi rendahnya daya saing angkatan kerja dan pengangguran pada era digitalisasi dan mismatch lapangan pekerjaan pada masa recovery ekonomi," kata Ida Fauziyah di Jakarta, Sabtu.

Saat meninjau booth Binalavotas (Pembinaan Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas) di Festival Vokasi dan Job Fair 2023, ia menambahkan bahwa Kemnaker sebagai leading sector penyelenggaraan pelatihan vokasi berkomitmen semaksimal mungkin menyediakan fasilitas, sarana, dan prasarana pelatihan vokasi yang berkualitas dalam rangka peningkatan kualitas SDM Indonesia.

Untuk memanjakan para pencari kerja dan pekerja, selain bursa kerja dari 135 perusahaan dalam Job Fair 2023 ini, Kemnaker juga menyediakan fasilitas, sarana, dan prasarana pelatihan vokasi dalam rangka peningkatan kualitas SDM Indonesia, termasuk pembuatan sertifikasi pelatihan.

Ida Fauziyah mengatakan bahwa pada hakikatnya gelaran Festival Pelatihan Vokasi merupakan upaya untuk menyosialisasikan dan memperkuat ekosistem ketenagakerjaan.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat melibatkan dan menyinergikan pemangku kepentingan ketenagakerjaan sebanyak mungkin guna mendorong peningkatan kompetensi SDM Indonesia melalui pelatihan vokasi.

"Harapan utamanya adalah untuk memberikan atau menyediakan wadah berkolaborasi, untuk bersama-sama berbagi ide, menguatkan langkah seluruh pemangku kepentingan pelatihan vokasi untuk bersinergi/berkolaborasi dalam ekosistem pelatihan vokasi," katanya.

Menaker mengharapkan kegiatan Festival Pelatihan Vokasi dapat memberikan manfaat kepada para pemangku kepentingan pelatihan vokasi, terutama dalam upaya mengurangi angka pengangguran.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menaker: Pelatihan vokasi dilirik pencari kerja