Bantul mendampingi perusahaan untuk melaporkan kegiatan penanaman modal

id Pendampingan perusahaan ,Laporan kegiatan penanaman modal ,Investasi di Bantul

Bantul mendampingi perusahaan untuk melaporkan kegiatan penanaman modal

Kantor Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu DPMPTSP Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah menyiapkan layanan pendampingan bagi perusahaan skala kecil, menengah dan besar di daerah ini untuk melaporkan kegiatan penanaman modal dari unit usahanya.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bantul Annihayah di Bantul, Selasa, mengatakan, layanan yang diberi nama Inovasi Geplak atau Gerakan Pendampingan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) itu karena perusahaan baik kecil, menengah dan besar wajib melaporkan kinerja perusahaan dalam LKPM.

"Tujuan Geplak yaitu memberikan pendampingan kepada perusahaan yang belum mampu untuk melaporkan LKPM secara mandiri agar semakin banyak nilai investasi di Bantul yang tercatat guna memenuhi target realisasi investasi," katanya.

Menurut dia, di dalam LKPM tersebut terdapat data antara lain mengenai jumlah tenaga kerja, kinerja perusahaan, serta nilai investasinya.

"Melalui pelaporan ini maka dapat diketahui data investasi yang masuk di Kabupaten Bantul," katanya.

Dia mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menargetkan kabupaten/kota sesuai dengan potensi investasi masing-masing di wilayah. Target capaian realisasi investasi tahun 2023 sebesar Rp394,8 miliar.

Lebih lanjut dia mengatakan, mekanisme pendampingan dalam inovasi ini diawali dari tim Geplak mengidentifikasi data perusahaan yang wajib LKPM, namun belum pernah melaksanakan LKPM.

"Setelah diketahui Tim Geplak mengundang perusahaan tersebut untuk didampingi membuat LKPM. Pada hari pelaporan, petugas pendamping memberikan pendampingan membuat LKPM," katanya.

Dia berharap dari inovasi layanan ini dapat memberikan manfaat bagi perusahaan skala kecil, menengah dan besar di Bantul mendapatkan pendampingan pelaporan LKPM secara komprehensif.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024