Australia diminta dukung aksesi Indonesia pada OECD

id Mendag,Zulkifli hasan,Indonesia australia,OECD

Australia diminta dukung aksesi Indonesia pada OECD

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan dan Pariwisata Australia Senator Hon. Don Farrell di San Francisco, Amerika Serikat (AS), Rabu (15/11/2023). (ANTARA/HO-Kemendag)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan
membahas dukungan Australia terkait pencalonan Indonesia sebagai anggota penuh Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD), saat bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Pariwisata Australia Don Farrell di San Francisco, Amerika Serikat (AS), Rabu (15/11).

"Saya menyampaikan terima kasih atas tanggapan positif Australia terhadap pencalonan Indonesia sebagai anggota penuh OECD. Saya juga meminta Australia untuk mendukung Indonesia agar dapat menjadi anggota penuh OECD," ujar Mendag melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Mendag mengatakan Indonesia memandang keanggotaan OECD hendaknya lebih inklusif dengan melibatkan lebih banyak negara berkembang.

Aksesi Indonesia pada OECD diharapkan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Keikutsertaan Indonesia diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas kebijakan perdagangan.

"Keanggotaan Indonesia pada OECD diharapkan semakin mendorong peningkatan kualitas kebijakan perdagangan sementara OECD akan memperoleh manfaat dari keanggotaan Indonesia sebagai representasi global south dan emerging economy," katanya.

Saat ini, Indonesia dalam tahap melakukan reviu terhadap Standards/Guidelines OECD yang relevan dengan regulasi nasional sekaligus membentuk Tim Nasional khusus untuk menangani keanggotaan Indonesia pada OECD.

Indonesia mengharapkan dukungan Australia agar penyusunan Peta Jalan Aksesi (Roadmap to Accession) Indonesia dapat disepakati pada Pertemuan Tingkat Menteri OECD 2024.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendag minta Australia dukung aksesi Indonesia pada OECD
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024