Terkait dugaan kebocoran data DPT, KPU RI harus terbuka

id Kpu,Dugaan data bocor,Pemilu,Pemilu 2024,Anies muhaimin

Terkait dugaan kebocoran data DPT, KPU RI harus terbuka

Juru Bicara Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Billy David Nerotumilena saat dijumpai media di Jakarta, Rabu (29/11/2023). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Billy David Nerotumilena meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bersikap terbuka kepada tim pemenangan capres-cawapres terkait dugaan kebocoran data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024.
 
"Yang perlu didorong adalah masalah keterbukaan. Jangan sampai isu-isu itu kita tahunya dari media atau dari orang lain. Kami selaku Timnas juga punya hak untuk mendengar itu dari KPU (secara langsung)," kata Billy saat dijumpai di Jakarta, Rabu.
 
 
Dia menambahkan, sikap keterbukaan tersebut juga tidak hanya berhenti pada isu kebocoran data melainkan juga masalah-masalah lain yang dinilai perlu dikomunikasikan secara baik kepada setiap tim pemenangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).
 
Selain itu, kata David, KPU juga harus memperkuat sistem pertahanan digital untuk melindungi seluruh data. Menurutnya, langkah tersebut perlu dilakukan secara serius oleh KPU.
 
Diberitakan sebelumnya, perhatian publik tertuju pada peretas anonim bernama "Jimbo" yang mengklaim telah meretas situs KPU dan mengakses data pemilih dari situs tersebut.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU diminta terbuka soal dugaan kebocoran data DPT
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024