Tak pengaruhi industri minuman, meski harga gula naik

id harga gula,kementerian perindustrian,kemenperin,industri makanan,industri minuman

Tak pengaruhi industri minuman, meski harga gula naik

Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kementerian Perindustrian Agro Putu Juli Ardika saat melakukan pemaparan dalam Rilis Indeks Kepercayaan Industri (IKI) di Hyatt Regency, Bali, Kamis (28/12/2023) (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Bali (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut kenaikan harga gula kristal rafinasi (GKR) internasional tidak mempengaruhi industri makanan, minuman dan farmasi.

Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika mengatakan, harga gula internasional pada 2023 memang mengalami peningkatan yang luar biasa jika dibandingkan dengan 2022.

Pada 2022, harga gula rata-rata 18 sen dolar AS per pon, sedangkan di 2023 harga rata-rata gula sebesar 28 sen dolar AS per pon.

"Saat ini 2023, ini semuanya baik-baik saja, jadi tidak ada perusahaan yang mengatakan bahwa dia kekurangan bahan baku," ujar Putu ditemui saat rilis Indeks Kepercayaan Industri (IKI) di Bali, Kamis.

Menurut Putu, kondisi ini dianggap sebagai anomali yang menguntungkan. Hal ini terjadi lantaran pada 2022 Kemenperin telah menguatkan stok untuk gula konsumsi rumah tangga maupun gula untuk industri.

Baca juga: Ekonom usulkan Bulog dapat kuota impor gula demi tekan harga

"Gula industri ada yang di carry over dari 2022 ke 2023, sedangkan gula konsumsi kita perkuat di volume stoknya. Jadi ini berpengaruh sangat baik sampai saat ini," kata Putu.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenperin sebut kenaikan harga gula tak pengaruhi industri minuman
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024