Dispar Sleman kuatkan kerja sama tingkatkan kunjungan wisatawan

id Dinas Pariwisata Sleman ,Kunjungan wisatawan Sleman ,Sleman

Dispar Sleman kuatkan kerja sama tingkatkan kunjungan wisatawan

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menguatkan kerja sama pentahelix guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu pada 2024.

"Kami akan menguatkan lagi kerja sama dengan berbagai pihak, seperti akademisi, pelaku usaha, praktisi dan media untuk bersinergi mempromosikan pariwisata di Sleman," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Rabu.

Menurut dia, penguatan kerja sama tersebut dilakukan karena pembangunan pariwisata bukan hanya menjadi tugas pemerintah, dalam hal ini dinas pariwisata semata, namun seluruh pihak terkait.

"Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan tersebut dilakukan melalui kegiatan promosi pariwisata, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan memanfaatkan media online," katanya.

Ia mengatakan, promosi pariwisata juga tidak bisa hanya dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi semata.

"Keikutsertaan dalam pameran pariwisata skala nasional dan internasional, pelaksanaan travel dialog dan table top tetap diperlukan, mengingat 'tourism is about trust'," katanya.

Ia mengatakan, pada 2024 ini sektor pariwisata ada kemungkinan terpengaruh beberapa aktor eksternal seperti adanya rangkaian kegiatan Pemilu selama 2024, yang terdiri dari pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan anggota legislator (pileg) serta pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

"Faktor lainnya adalah kemungkinan adanya penurunan daya beli masyarakat, status aktivitas Gunung Merapi dan proses pembangunan tol dan operasionalisasi tol Yogyakarta-Solo juga menjadi pertimbangan dalam penentuan target wisatawan," katanya.

Ia mengatakan, dengan mempertimbangkan sejumlah faktor eksternal tersebut, maka Dinas Pariwisata menetapkan target kunjungan pada 2024 yang tidak jauh berbeda dengan target pada 2023, yaitu sebesar 7.000.000 kunjungan.

Sebelumnya Dinas Pariwisata Sleman telah meluncurkan "Calendar of Event 2024" (CoE2024) untuk memberikan informasi kepada wisatawan dan calon wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Sleman terkait kegiatan dan acara yang akan terselenggara selama tahun 2024.

Pada CoE2024 ini terdapat 120 kegiatan yang akan dilaksanakan selama 2024, dengan komposisi 99 kegiatan skala lokal, 12 kegiatan skala nasional dan 10 skala internasional, terdiri dari 40 kegiatan MICE, 34 festival, 23 acara budaya dan musik, 17 kegiatan wisata olahraga dan tujuh kegiatan keagamaan," katanya.

"Dari ke-120 kegiatan tersebut, beberapa acara yang menjadi 'highlight event' pada 2024 antara lain adalah Upacara Adat Labuhan Merapi pada Februari, Sleman Temple Run pada November dan Pengembaraan Akhir Tahun (Barata) XXXIX pada bulan Desember," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024