Bali berlakukan pungutan wisman di bandara dan Benoa

id Pungutan wisman, pungutan wisatawan, wisata Bali, pariwisata Bali

Bali berlakukan pungutan wisman di bandara dan Benoa

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ida Ayu Indah Yustikarini (tengah) di sela diskusi rapat kerja daerah PHRI Bali di Denpasar, Rabu (7/2/2024) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Bali mengenakan pungutan wisatawan mancanegara (wisman) untuk tahap awal di kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Pelabuhan Benoa mulai 14 Februari 2024.

“Target awal ini kami fokus di kedatangan internasional bandara dan Pelabuhan Benoa,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ida Ayu Indah Yustikarini di sela diskusi rapat kerja daerah PHRI Bali di Denpasar, Rabu.

Saat ini, lanjut dia, sistem pungutan wisatawan asing belum disiapkan apabila mereka transit di daerah lain di Indonesia dan masuk Bali melalui kedatangan domestik.
 

Kondisi serupa juga berlaku apabila wisatawan asing masuk Bali melalui jalur darat yakni di Pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Padangbai. “Kedatangan domestik dan darat di Pelabuhan Gilimanuk belum kami sediakan,” imbuhnya.

Untuk wisatawan asing masuk melalui Pelabuhan Benoa yakni wisatawan kapal pesiar, lanjut dia, pihaknya sudah bekerja sama dengan agen kapal pesiar.

Ia mengungkapkan seluruh wisatawan asing yang menumpangi kapal pesiar di Pelabuhan Benoa, baik yang turun ke darat maupun hanya berada di dalam kapal pesiar, tetap dikenakan pungutan sebesar Rp150 ribu per orang.

Menurut dia, awalnya Pemprov Bali berencana mengenakan kepada wisatawan asing yang turun dari kapal pesiar.

“Awalnya Pemprov Bali ingin mengenakan kepada wisatawan asing yang turun saja tapi salah satu operator kapal pesiar meminta semua penumpang dikenakan pungutan agar tidak menyulitkan mereka, siapa yang turun, siapa yang tidak. Nanti mereka menyetorkan pungutan ke rekening di Bank BPD Bali,” ucapnya.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Bali kenakan pungutan wisman tahap awal di bandara dan Benoa
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024