DLH Bantul membangun ruang terbuka hijau di beberapa kelurahan

id DLH Bantul ,Ruang terbuka hijau ,Kawasan publik

DLH Bantul membangun ruang terbuka hijau di beberapa kelurahan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Ari Budi Nugroho. (ANTARA/Hery Sidik).

Bantul (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tahun anggaran 2024 akan membangun ruang terbuka hijau atau RTH di beberapa kelurahan guna menambah area lingkungan dengan suasana sejuk di wilayah tersebut.

"Kalau di tahun anggaran 2024 ini alokasi kita untuk ruang terbuka hijau itu di kelurahan, seperti di Imogiri, Tirtonirmolo dan Tamantirto Kasihan, kemudian di Dlingo dan Tamanan Kecamatan Banguntapan," kata Kepala DLH Bantul Ari Budi Nugroho di Bantul, Jumat.

Menurut dia, pembangunan RTH di kelurahan tersebut tidak hanya sekadar memenuhi ketersediaan ruang terbuka namun diintegrasikan dengan penyediaan ruang publik yang dapat berupa taman maupun ruang bermain dengan lingkungan sehat dan ramah.

Selain membangun RTH di wilayah kelurahan yang belum terdapat ruang hijau publik tersebut, pada tahun 2024, DLH Bantul juga melanjutkan pembangunan pedestrian atau ruang pejalan kaki dari simpang Bejen hingga depan Rumah Dinas Bupati Bantul.

"Kalau untuk anggaran pembangunan RTH di 2024 tidak besar, kurang dari sebesar Rp1 miliar, karena hanya kecil-kecil kalau di kelurahan paling hanya sekitar Rp100 jutaan per lokasi," katanya.

Lebih lanjut dia juga mengatakan penyediaan ruang terbuka hijau yang dilengkapi dengan taman dan sarana bermain tersebut juga sesuai dengan misi Bantul 2022-2026 yaitu penanggulangan masalah kesejahteraan sosial secara terpadu dan pencapaian Bantul sebagai Kabupaten Layak Anak.

Terkait dengan peran tersebut, kata dia, DLH Bantul juga terus melakukan pembangunan maupun revitalisasi ruang terbuka hijau yang ada sebagai ruang bermain ramah anak sebagai wadah kegiatan bermain dengan aman dan nyaman serta tidak membahayakan.

"Salah satunya adalah revitalisasi ruang terbuka hijau di kawasan Masjid Agung Bantul menjadi ruang bermain ramah anak yang telah diresmikan pada awal Februari 2024," katanya.*

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024