Target wajib sertifikasi halal UMKM bakal tercapai, kata Sandiaga

id Sandiaga,Menparekraf,sertifikasi halal,UMKM

Target wajib sertifikasi halal UMKM bakal tercapai, kata Sandiaga

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (tengah) dalam kickoff Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia di Jakarta, Senin (26/2/2024). ANTARA/Shofi Ayudiana

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan yakin target agar seluruh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia memiliki sertifikat halal sebelum 18 Oktober 2024 bakal tercapai.

Sandiaga mengatakan bahwa Pemerintah akan memfasilitasi UMKM dalam mendapatkan sertifikasi halal dengan bekerja sama dengan kementerian, lembaga, dan asosiasi terkait.

"Kalau tidak salah ada juga skema sertifikasi halal yang self-declare (pernyataan pelaku usaha). Nanti akan kami dorong supaya kesadarannya lebih tinggi dan semuanya bisa mematuhi kebutuhan sertifikasi halal," kata Sandiaga kepada wartawan setelah kickoff Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di Jakarta, Senin (26/2) malam.

Ketika ditanya apakah target tersebut realistis dan bisa tercapai sesuai dengan rencana, Sandiaga menekankan pentingnya memulai proses sertifikasi halal sesegera mungkin.

"Kalau kita tidak mulai sekarang, kita akan terus menunda-nunda. Jadi, kita harus punya keyakinan itu," ujar dia.

Wajib sertifikasi halal diatur dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal sebagaimana diubah dengan UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Hal itu diatur pula dalam Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf yakin target wajib sertifikasi halal UMKM tercapai
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024