DKP Kulon Progo memberi bantuan sarana tangkap ke nelayan

id Nelayan,Kulon Progo

DKP Kulon Progo memberi bantuan sarana tangkap ke nelayan

Tempat Pelelangan Ikan Congot di Kabupaten Kulon Progo. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan bantuan sarana dan prasarana perikanan tangkap bagi kelompok usaha bersama nelayan supaya hasil tangkap meningkat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo Trenggono Trimulyo di Kulon Progo, Selasa, ingin dengan dukungan fasilitas bantuan sarana penangkapan ikan yang bersumber dari dana keistimewaan, nelayan lebih bersemangat dan meningkatkan motivasi dalam menangkap ikan di laut.

"Kami berharap bantuan tersebut meningkatkan hasil produksi perikanan tangkap di laut, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir di Kabupaten Kulon Progo," kata Trenggono.

Ia mengatakan DKP juga memberikan peningkatan kapasitas nelayan berupa pendampingan, bimbingan teknis dan pelatihan, untuk meningkatkan motivasi dan semangat dalam menangkap ikan di laut.

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan magang nelayan dengan tujuan untuk menambah kaderisasi nelayan atau menumbuhkan kader nelayan-nelayan milenial di Kabupaten Kulon Progo.

"Kami berharap potensi selatan dengan potensi ikan sebesar 800 ton per tahun dapat ditangkap secara optimal," katanya.

Lebih lanjut, Trenggono mengatakan bersumber dari dana keistimewaan DIY dan dana inovasi daerah 2023, DKP Kulon Progo dapat memberikan paket bantuan sarana penangkapan ikan di laut yang berupa perahu motor tempel Gerbang Segoro dan mesin perahu motor tempel sebanyak tujuh unit yang diberikan kepada KUB Gupit Raya II, Karangsewu Galur, KUB Mitra Bahari, Banaran, Galur, KUB Mina Muda 01 Bugel Panjatan. KUB Bugel Peni, Bugel Panjatan, KUB Somonganti, Karangwuni Wates, KUB Bahari Sejahtera Jangkaran Temon dan KUB Sumber Rejeki Jangkaran Temon.

Selain itu juga diberikan Sarana pendukung penangkapan ikan lainnya yaitu alat penarik perahu, alat perbengkelan mesin perahu, fish finder bagi KUB Ngudi Mulyo Glagah Temon.

"Dukungan lainnnya adalah proses perizinan lahan tempat pelelangan ikan (TPI) karena bangunan TPI berada di wilayah tanah Pakualaman, kemudian setelah proses perizinan diselesaikan dilanjutkan proses revitalisasi TPI se Kabupaten Kulon Progo, yang dimulai pada 2023 dengan pembangunan TPI Congot di Jangkaran," katanya.