Bali cek pembayaran pungutan wisman di daerah tujuan wisata

id Dispar Bali,Pemprov Bali,DTW,pungutan wisman

Bali cek pembayaran pungutan wisman di daerah tujuan wisata

Arsip - Petugas menyambut wisatawan mancanegara (wisman) yang baru turun dari kapal pesiar Azamara Journey di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Sabtu (24/2/2024). . ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/tom (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Denpasar (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Bali mulai melakukan pengecekan rutin pembayaran pungutan wisatawan mancanegara di titik-titik daya tarik wisata (DTW) mulai bulan Mei.

“Pengecekan voucher pungutan wisatawan tidak hanya akan dicek melalui pintu masuk Bali seperti bandara dan beberapa pelabuhan laut, akan tetapi sesuai aturan baik perda maupun pergub yang berlaku, pengecekan juga akan dilakukan DTW di Bali,” kata Kepala Dispar Bali Tjok Bagus Pemayun.

Tjok Pemayun di Denpasar, Selasa, menyampaikan skema ini usai rapat persiapan pengecekan voucher pungutan wisman yang dihadiri Satpol PP Bali, Kesbangpol, Diskominfos, BPD Bali, GIPI, ASITA dan HPI, dimana disepakati pula ini berlangsung setelah 3 bulan pertama penerapan program pungutan.

Dispar Bali merancang agar pengecekan yang bertujuan untuk memastikan wisatawan membayar Rp150.000 itu dilakukan rutin setidaknya seminggu sekali di beberapa DTW pilihan.

“Kami akan melakukan monitoring secara rutin, sebagai bentuk menegakkan peraturan yang ada, untuk melakukan pengecekan terhadap wisatawan yang telah membayar atau belum,” ujar Tjok Pemayun.

Lebih lanjut apabila wisatawan tersebut tercatat sudah membayar maka diizinkan menikmati objek wisatanya sementara bagi yang belum akan diarahkan agar melalukan pembayaran di lokasi.

Proses pembayaran pungutan wisman atau tourism levy ini dapat melalui portal Love Bali, Pemprov Bali mendukung apabila wisatawan membayar justru sebelum tiba di Pulau Dewata agar liburannya tak terganggu.






 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024