Tak ada lagi konvoi bantuan di Jalur Gaza, Palestina

id PBB,bantuan kemanusiaan,Gaza

Tak ada lagi konvoi bantuan di Jalur Gaza, Palestina

Arsip foto - Prajurit TNI Angkatan Laut awak kapal KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 menurunkan kardus-kardus berisi bantuan dari atas kapal ke dermaga Pelabuhan El Arish, Mesir, Kamis (15/2/2024). (ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL.)

Toronto (ANTARA) - PBB pada Selasa (27/2) menyebutkan bahwa sejak 23 Januari lalu, tidak ada satu pun konvoi bantuan kemanusiaan yang masuk ke Gaza utara, merujuk pada situasi kemanusiaan yang mengerikan di wilayah tersebut.

Kolega Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) "mengingatkan kami bahwa tidak ada konvoi kemanusiaan yang tiba di wilayah utara Jalur Gaza sejak 23 Januari. Seperti yang Anda dengar kemarin dari komisaris jenderal (Philippe Lazzarini), terjadi penurunan signifikan dalam jumlah penyaluran bantuan ke Jalur Gaza,” kata juru bicara Sekjen PBB Antonio Guterres, Stephane Dujarric saat konferensi pers.

Dengan menekankan pada perlunya penambahan titik masuk dan rute aman ke Gaza, Dujarric mengatakan UNRWA memiliki persediaan makanan di perbatasan dengan Gaza yang dapat memenuhi kebutuhan hingga 2,2 juta orang di seluruh Jalur Gaza.

“Hampir 1.000 truk pengangkut 15.000 ton makanan yang ada di Mesir siap berangkat,” katanya menambahkan.


Israel meluncurkan serangan mematikan di Jalur Gaza menyusul serangan kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober, yang telah menewaskan hampir 30.000 orang dan menyebabkan kehancuran massal dan krisis bahan pokok.

Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PBB: Tidak ada konvoi bantuan di Gaza utara sejak 23 Januari
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024