Daop 6 Yogyakarta ajak masyarakat manfaatkan KA untuk bertemu keluarga di perantauan

id kA,Daop 6 Yogyakarta

Daop 6 Yogyakarta ajak masyarakat manfaatkan KA untuk bertemu keluarga di perantauan

Penumpang hendak menaiki kereta api di Stasiun Yogyakarta (ANTARA/HO-Daop 6 Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Arus Mudik telah mencapai ujungnya dan sebentar lagi kita akan menyambut Lebaran 2024 dengan suka cita. Namun, dibalik kegembiraan Lebaran 2024 masih saja ada yang belum bisa mudik atau bahkan tidak bisa mudik.

Melihat fenomena tersebut, Daop 6 Yogyakarta menyarankan bagi masyarakat yang ingin bertemu dengan keluarga diperantauan untuk memanfaatkan transportasi kereta api.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta
Krisbiyantoro dalam keterangannya di Yogyakarta, Senin, mengatakan beberapa kereta dari Solo atau Yogyakarta ke arah Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, dan Semarang saat ini masih cukup tersedia. 

Per tanggal 8 April 2024 pukul 12.00 WIB, Daop 6 merekap untuk keberangkatan tanggal 9, 10, dan 11 ada lebih dari 20 ribu tiket masih tersedia untuk tujuan Jakarta. Kemudian untuk tujuan Bandung masih tersedia lebih dari 5 ribuan tiket.

"Untuk tujuan Surabaya masih tersedia lebih dari 12 ribuan tiket, dan untuk tujuan Malang masih tersedia seribuan tiket," kata dia. 

Sedangkan untuk tujuan Semarang, Daop 6 Yogyakarta mencatat masih tersedia lebih dari 3 ribuan tiket.

Beberapa KA ke tujuan tersebut yang dapat dimanfaatkan diantaranya seperti KA Gajayana, Taksaka, Manahan, Taksaka, KA Tambahan YK-GMR, Bogowonto, Progo, Gajahwong, Fajar Utama Yk, Mataram, Senja Utama Yk, Lodaya, Turangga, Argo Wilis, Pasundan, Gaya Baru Malam Selatan, Malabar, Gajayana, Banyubiru, dan lain-lain.

"Bagi masyarakat yang mungkin sedang mengalami hal serupa, tidak perlu bersedih karena kita masih bisa bertemu dengan sanak keluarga di perantauan. Untuk membeli tiketnya pun cukup mudah dan bisa dari mana saja cukup menggunakan aplikasi Access," kata dia. 

Selain pemesanan tiket yang mudah, transportasi kereta api juga bebas dari macet, waktunya jelas, dan tentunya anti capek, sehingga pertemuan dengan keluarga menjadi lebih bermakna di bulan yang penuh berkah ini.

Dari sisi keselamatan dan pelayanan, menurut Krisbiyantoro, Daop 6 juga telah berupaya secara optimal dengan pelaksanaan Posko, penambahan petugas ekstra, penjagaan di daerah pantauan khusus, dan lainnya.

"Daop 6 Yogyakarta berharap transportasi kereta api dapat menjadi andalan bagi seluruh masyarakat untuk dapat merayakan Lebaran 2024 bersama keluarga tercinta," ujar dia.