Jokowi meninjau pelayanan kesehatan RSUD di Muna

id Presiden Joko Widodo,Pelayanan Kesehatan Daerah Terpencil,RSUD Muna Sulawesi Tenggara,Peningkatan Yankes Daerah Terpenci

Jokowi meninjau pelayanan kesehatan RSUD di Muna

Presiden Jokowi saat melakulan peninjauan di RU Daerah dr.Baharuddin di Muna, Senin. (Antara/Foto Biro Pers Presiden)

Kendari (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya peningkatan pelayanan kesehatan di daerah-daerah terpencil terutama untuk menangani penyakit menonjol.

Hal itu disampaikan Presiden selepas meninjau pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H.L.M. Baharuddin, M.Kes di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Senin.

"Yang saya lihat hampir di semua daerah, penyakit yang menonjol itu stroke, jantung. Problemnya kalau di sebuah kabupaten atau kota yang jauh dari (pusat) provinsi, tidak segera ditangani ya ini akan menjadi problem," kata Jokowi dalam keterangan pers usai peninjauan.

Guna meningkatkan pelayanan kesehatan tersebut, Presiden menyoroti perlunya menambah akses terhadap peralatan kesehatan modern secara merata hingga ke level puskesmas.

"Oleh sebab itu, sekarang Kementerian Kesehatan banyak mengirimkan CT scan, cath lab, mamogram, atau yang ke level lebih kecil yaitu ke kabupaten, ke puskesmas itu ada USG untuk kehamilan," ujarnya.

Presiden sempat mengapresiasi keberadaan dokter spesialis di Muna yang mampu mengoperasikan berbagai peralatan kesehatan canggih.

"Saya melihat di sini baik. Gedungnya bagus, tata ruangnya bagus, bersih, saya kira itu yang harus semuanya menuju ke sana," kata Jokowi.



Di sela-sela kunjungan Presiden Jokowi, sejumlah warga setempat sempat menyampaikan kesan dan harapan perihal peningkatan layanan kesehatan di Muna.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tinjau RSUD Mina, Presiden tekankan peningkatan yankes terpencil
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024