Disbudpar Sleman optimalkan pembinaan sanggar seni

id sanggar seni budaya

Disbudpar Sleman optimalkan pembinaan sanggar seni

Ilustrasi kegiatan sanggar seni tradisi (antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta memprogramkan optimalisasi pembinaan sanggar seni di wilayah setempat, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas sanggar seni tersebut.

" Disbudpar Sleman pada 2013 mengagendakan enam kali pembinaan sanggar seni yang terbagi dalam dua tahap pembinaan," kata Kepala Bidang Kesenian Disbudpar Kabupaten Sleman Edy Winarya, Rabu.

Menurut dia, tahap pertama ditujukan kepada tiga sanggar seni, yaitu "Sadar Budoyo` Daratan III, Sendangarum Minggir, "Kinari Laras Ati" Jagalan Margodadi Seyegan, dan sanggar seni

`Laras Budaya` Bandung Kulon Tambakrejo Tempel.

"Sedangkan untuk pwmbinaan tahap kedua masih dalam pengkajian," katanya.

Ia mengatakan, pembinaan sanggar seni tersebut dimaksudkan untuk memajukan dan meningkatkan fungsi sanggar seni yang terdapat di Kabupaten Sleman.

"Di samping itu juga untuk meningkatkan kecintaan anggota sanggar dan masyarakat terhadap keberadaan sanggar seni serta memasyarakatkan kegiatan sanggar seni kepada masyarakat," katanya.

Edy mengatakan, dalam kegiatan tersebut tim dari Disbudpar Sleman memberikan pembinaan yang terkait dengan aspek teknis maupun aspek nonteknis.

"Dalam aspek teknis diberikan pengarahan dan pengetahuan tentang tata teknis pentas, koreografi, tata rias dan pemakaian kostum, serta pengetahuan teknis terkait dengan seni pertunjukan," katanya.

Sedangkan aspek nonteknis, kata dia, meliputi administrasi sanggar, tata tertib sanggar, pengklasifikasian siswa sanggar dan pembuatan nomor induk sanggar.

"Hingga saat ini pembinaan yang telah diselenggarakan adalah pembinaan sanggar seni "Sadar Budoyo" pada 5 Mei 2013 silam di Dusun Daratan III Sendangarum Minggir," katanya.

Pembinaan tersebut dibarengkan dengan acara gladi bersih kontingen Sleman yang akan mengikuti Lomba Reog dan Jathilan tingkat DIY pada Minggu 19 Mei 2013 di Kecamatan Ponjong Gunung Kidul.

"Kontingen yang akan mewakili Sleman dalam even tersebut adalah grup kesenian jathilan Turangga Mudha Tri Manunggal Sadhar Budhoyo yang juga merupakan produk sanggar seni `Sadar Budoyo`," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024