Polisi bubarkan demo mahasiswa Yogyakarta

id polisi bubarkan demo

Polisi bubarkan demo mahasiswa Yogyakarta

Ilustrasi (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Aparat Kepolisian Resor Kabupaten Sleman membubarkan paksa aksi sejumlah elemen mahasiswa di Pertigaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Kamis sore, karena dinilai mengganggu arus lalu lintas.

Dalam upaya pembubaran itu terjadi perlawanan antara Kepolisian dengan mahasiswa pendemo. Sejumlah Mahasiswa melawan dengan melemparkan batu ke arah polisi, sementara aparat menembakkan gas air mata.

Mendapat tekanan dari Kepolisian, mahasiswa kemudian berhamburan. Sebagian besar masih memfokuskan diri berkumpul di arah yang berlawanan ke arah Jalan Akses UIN Sunan Kalijaga. Sementara beberapa lainnya melompat pagar dan masuk area Kampus itu.

Meski demikian, sebagian mahasiswa itu akhirnya dapat dibubarkan Kepolisian setelah kurang lebih satu jam berhadap-hadapan dengan aparat di arah yang berlawanan.

Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Sleman, AKBP Irfan Amin dalam kesempatan itu mengatakan mahasiswa pendemo telah menyalahi aturan karena mengganggu arus lalu lintas.

"Kalau mau demo boleh, tapi jangan membuat arus lalu lintas menjadi terhambat seperti ini," kata Irfan.

Akibat aksi yang menuntut penurunan harga BBM itu, kata Irfan, kendaraan pribadi serta angkutan berat yang mengandalkan Jalan Solo-Yogyakarta sebagai akses utama menjadi terhambat. "Sehingga kami terpaksa membubarkan," kata dia.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024