Peneliti: ilmu manajemen bermanfaat untuk kelangsungan hidup

id manajemen

Peneliti: ilmu manajemen bermanfaat untuk kelangsungan hidup

UMY (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Ilmu manajemen dapat diterapkan dalam segala bidang keilmuan, sehingga bermanfaat bagi kelangsungan hidup umat manusia, kata peneliti Universiti Sains Islam Malaysia Zainal Abidin Mohamed.

"Dengan ilmu manajemen segala sesuatu yang dibutuhkan manusia dapat diatur dengan baik seperti kebutuhan terhadap kesehatan, makanan, gaya hidup, dan pekerjaan," katanya di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Kamis.

Pada "Conference of Management Sciences" (ICoMS), ia mengatakan penerapan ilmu manajeman dalam kehidupan ini akan sangat bermanfaat karena segala sesuatunya dapat diatur dengan baik melalui ilmu manajemen.

"Jika kehidupan ini tidak diatur dengan ilmu manajemen maka akan ada dampak yang akan terjadi pada kehidupan manusia, yakni produktivitas sumber daya manusia yang hanya berorientasi pada kerja yang tidak manusiawi," katanya.

Kepala Program Studi Ilmu Manajemen UMY Retno Widowati PA mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya bidang manajemen.

Menurut dia, ilmu manajemen setiap tahun selalu berkembang. Oleh karena itu dibutuhkan adanya pengembangan dan pembaruan pada ilmu manajemen.

"Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai kontribusi nyata kami kepada bangsa dan negara terkait dengan tantangan dunia memasuki pasar bebas dan memperkuat daya saing antarnegara berkembang," katanya.

Ia mengatakan ICoMS merupakan kegiatan seminar internasional yang diselenggarakan UMY bekerja sama dengan University Sains Islam Malaysia (USIM), Tamkang University Taiwan, dan Khon Kaen University Thailand.

"ICoMS dihadiri 250 peserta terdiri atas peserta dari dalam negeri dan luar negeri. Para peserta itu terdiri dari dosen, mahasiswa, dan praktisi," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024