DKP dorong usaha kelompok pembudidaya ikan

id budi daya ikan

DKP dorong usaha kelompok pembudidaya ikan

Budi daya ikan kolam di Panggungharjo, Kabupaten Bantul, DIY (Foto)

Bantul, (Antara Jogja) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong pengembangan usaha kelompok pembudidaya ikan Mina Mulya pedukuhan Kergan, Desa Tirtomulyo.

"Kami dorong kelompok untuk terus mengembangkan usahanya, karena meskipun usaha dilakukan di rumah, jika dikelola dengan manajemen yang baik akan dapat meningkatkan kesejahteraan," kata Sekretaris DKP Bantul, Imam Subardiarsa di Bantul, Rabu.

Menurut dia, kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) Mina Mulya di Kergan, Desa Tirtomulyo, merupakan salah satu kelompok yang selain membudidayakan ikan gurame di daerahnya juga membudidayakan ikan lain seperti lele, nila dan patin.

Pokdakan Mina Mulya panen gurame yang kemudian akan dijual ke warung-warung kuliner ikan setempat dan masyarakatnya, untuk kemudian hasilnya dikelola untuk kegiatan budi daya selanjutya.

"Mina Mulya ini berhasil mengelola usaha kelompok tidak hanya dari aspek pembudidayaan ikannya saja, melainkan juga dari aspek lain yaitu wisata edukasi," kata dia.

Menurut dia, sektor perikanan merupakan salah satu sumber pendapatan nasional dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, namun di sektor tersebut pada saat ini belum diiringi dengan pengoptimalan pemanfaatan potensi yang ada.

"Sehingga perlunya peningkatan pemanfaatan potensi perikanan, salah satu komoditi perikanan yang pemanfaatan potensinya berpeluang untuk ditingkatkan adalah ikan gurame," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Pokdakan Mina Mulya Kergan, Sunarto mengatakan, selain membudidaya ikan, kelompok juga mengembangkan usaha pelatihan dan konsultasi usaha budidaya gurame bagi kelompok lain yang ingin menjalankan usaha serupa.

"Ada juga pelatihan dan jasa pembuatan kolam, produksi olahan gurame, kuliner gurame serta outbond dan wisata edukasi perikanan," katanya. ***1***

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024