Dishubkominfo Gunung Kidul lakukan pemeriksaan kendaraan AKAP

id bus

Dishubkominfo Gunung Kidul lakukan pemeriksaan kendaraan AKAP

Ilustrasi (Foto Antara/Eka Arifa R/ags/15)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan antarkota antarprovinsi dan antarkota dalam provinsi serta angkutan desa pada 19-24 Juni untuk kelancaran arus mudik 2016.

Kepala Bidang Transportasi Dishubkominfo Gunung Kidul, Kuncoro Budi Santoso di Gunung Kidul, Senin mengatakan pemeriksaan diharapkan bisa mendukung arus mudik dan balik agar berjalan lancar.

"Pelaksanan pemantauan akan menyasar semua angkutan umum. Hal ini berkaitan dengan keselamatan penumpang," kata Kuncoro.

Ia mengatakan adapun pemeriksaan antara lain pengujian rem, speedometer, lampu, setelan stir, kedalaman ban, palu pecah kaca, dan bagian kendaraan lain. Nantinya kendaraan yang lolos ujian akan diberikan tanda menggunakan stiker yang menunjukkan kendaraan tersebut lolos dan menjadi angkutan Lebaran 2016.

"Operator diimbau untuk segera memperbaiki atau melengkapi kelengkapan kendaraan kalau ingin beroperasi," katanya.

Kuncoro mengatakan nantinya jika pemilik kendaraan tidak bisa melengkapi, maka diwajibkan untuk melengkapi dan memperbaiki sejumlah sarana yang dirasakan kurang saat pemeriksaan.

"Pemilik atau operator kendaraan harus bisa mempersiapkan kendaraannya secara baik," katanya.
Ia mengatakan angkutan Lebaran 2016 diperkiran penumpang akan turun sebanyak dua persen dari tahun lalu. "Saat ini kita menambah 400 angkutan untuk mengangkut penumpang," kata dia.

Kepala Dishubkominfo Gunung Kidul Purnama Jaya mengatakan untuk menyambut lebaran, pihaknya sudah mempersiapkan posko di beberapa lokasi.

Selain itu juga, Terminal Dagsinarga diantaranya, kebersihan lingkungan terminal, juga memastikan obyek vital lain seperti penerangan lampu hingga kebutuhan air juga.

"Persiapan sudah kami lakukan untuk menyambut pemudik," kata Purnama.

KR-STR