Jumlah koperasi di Sleman terus bertambah

id koperasi

Jumlah koperasi di Sleman terus bertambah

Koperasi Indonesia (dok)

Sleman, (Antara Jogja) - Jumlah koperasi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta terus bertambah dan hingga akhir 2015 tercatat sebanyak 646 koperasi dari berbagai jenis dengan 598 di antaranya merupakan koperasi aktif.

"Jumlah ini meningkat jika dibanding 2014 yang mencapai 629 koperasi yang tersebar di berbagai wilayah, instansi dan kelompok masyarakat," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Sleman Pustopo, Sabtu.

Menurut dia, untuk anggota koperasi sendiri juga meningkat dari 275.198 orang pada 2014 menjadi 275.246 orang di 2015.

"Pada 2015 tercatat aset koperasi mencapai Rp1 miliar lebih, dengan modal sendiri sebesar Rp349 miliar lebih, serta sisa hasil usaha (SHU) sebesar Rp29 miliar lebih," katanya.

Ia mengatakan salah satu koperasi di Sleman yakni Koperasi Abdi Masyarakat Sleman atau "Aman" yang merupakan koperasi pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman berhasil memperoleh penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM dalam rangka Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-69.

"Koperasi Aman masuk dalam 100 Koperasi terpilih dari berbagai wilayah Kabupaten/Kota se-Indonesia terdiri dari 10 Koperasi Award dan 90 Koperasi Berprestasi setelah sebelumnya berkompetisi dengan 646 koperasi lainnya ditingkat Kabupaten sampai provinsi hingga akhirnya maju ke tingkat nasional, dan terpilih sebagai koperasi terbaik kategori jasa," katanya.

Pustopo mengatakan aspek penilaian yang dilakukan hingga terpilih menjadi koperasi terbaik kategori jasa diantaranya adalah perkembangan aset, aneka ragam usaha, laporan keuangan, dan audit eksternal.

"Hasil audit eksternal selama ini Koperasi Aman mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," katanya.

Ia mengatakan, hingga akhir Desember 2015 total aset Koperasi Aman Rp13,912 miliar lebih dan memiliki memiliki empat jenis usaha yaitu perumahan, pembiayaan kendaraan, rehab rumah, kebutuhan rumah tangga seperti barang elektronoik dan pembayaran listrik bagi anggotanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo menyampaikan apresiasi pada seluruh jajaran Koperasi Aman yang telah terpilih sebagai koperasi berprestasi kategori jasa oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

"Diharapkan prestasi tingkat nasional ini dapat semakin memotivasi penguatan koperasi di Kabupaten Sleman," katanya.***3***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024