Sarihusada bantu "rumah susu" KSM Anggayuh Makmur

id Sarihusada

Sarihusada bantu "rumah susu" KSM Anggayuh Makmur

Sarihusada (Foto id.wikipedia.org)

Yogyakarta (Antara) - PT Sarihusada Generasi Mahardhika (SGM) memberikan bantuan "rumah susu" kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Anggayuh Makmur di Dusun Boyong, Kecamatan Hargobinangun, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
   
"Rumah susu dibangun untuk mengakomodasi kebutuhan kelompok yang meningkat seperti tempat pelatihan dan diskusi selain kebutuhan untuk penampungan susu dan kebutuhan lain terkait peternakan kambing," kata Community and Public Relations PT SGM Endah Prasetioningtias, Selasa.
   
Pada peresmian "rumah susu", Endah mengatakan KSM Anggayuh Makmur merupakan salah satu kelompok binaan program FIGA Merapi Project yang berkonsentrasi pada budi daya pengembangan kambing peranakan ettawa (PE).
   
"Kami berterima kasih atas dukungan Pemda DIY dan Pemkab Sleman terhadap program Merapi Project yang digagas PT SGM melalui Danone Ecosystem. Dukungan itu mampu mendorong program tersebut benar-benar bermanfaat bagi masyarakat di lereng Merapi," kata Endah.
   
Pengawas Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Anggayuh Makmur, Suwadi mengatakan kelompok yang pada awal program masih berjumlah 15 orang dengan 13 kambing, saat ini mengalami kemajuan pesat.
   
"Saat ini jumlah anggota KSM Anggayuh Makmur sebanyak 40 orang dan populasi kambing mencapai 473 ekor dengan hasil susu sebanyak 5.385 liter per bulan," katanya.
   
Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (DPPK) Sleman, Suwandi Aziz mengatakan Pemkab Sleman siap menggenjot produksi sapi kambing peranakan PE dan dinas telah mengajukan bibit kambing PE yang berkualitas sebagai strategi untuk mendongrak produksi susu kambing.
   
"Peternak kambing PE saat ini masih kekurangan bibit yang berkualitas. Akibatnya, produksi susu kambing juga tidak bisa maksimal, padahal serapan pasar sangat menjanjikan," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024