UNY petakan prestasi mahasiswa baru

id uny

UNY petakan prestasi mahasiswa baru

Rektor UNY Prof Dr Rochmat Wahab (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara) - Universitas Negeri Yogyakarta memetakan prestasi mahasiswa baru angkatan 2016 dalam bidang penalaran, seni, olahraga, minat khusus, dan kesejahteraan.

"Pemetaan itu dilakukan melalui `workshop` atau lokakarya pengembangan prestasi mahasiswa," kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Dr Rochmat Wahab di Auditorium UNY Yogyakarta, Jumat.

Pada pembukaan "Workshop" Pengembangan Prestasi Mahasiswa, Rochmat mengatakan kegiatan itu sekaligus untuk menggali berbagai kendala yang dihadapi dalam pengembangan prestasi mahasiswa.

Menurut dia, selain menjaring mahasiswa yang berprestasi dalam bidang akademik, UNY juga menerima mahasiswa dari jalur prestasi nonakademik seperti bidang olahraga, keagamaan, dan kesenian.

"Mahasiswa yang diterima melalui jalur tersebut diharapkan dapat lebih berprestasi sesuai dengan bidang masing-masing," kata Rochmat.

Wakil Rektor III UNY Prof Dr Sumaryanto mengatakan arah pembinaan kegiatan kemahasiswaan meliputi pengembangan kegiatan kemahasiswaan menuju pada peningkatan penalaran, kreativitas, menumbuhkan daya saing, kewirausahaan, kebugaran, dan kepedulian sosial.

Tahapan pembinaan kegiatan kemahasiswaan pada semester I-II merupakan tahap pengenalan dengan materi "success skill" seperti motivasi dan pengenalan "man, method, material".

Selanjutnya pada mahasiswa semester III-IV diadakan pengembangan kreativitas mahasiswa melalui organisasi mahasiswa untuk menghadapi masa depan yang kompetitif. Pada semester V-VI pengembangan jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, dan peningkatan produktivitas dengan inovasi baru.

Pada semester VII-VIII diselenggarakan pelatihan pengembangan karir untuk memasuki lapangan kerja dan menciptakan peluang kerja.

Menurut dia, wadah kegiatan mahasiswa dapat melalui Badan Eksekutif Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terbagi pada bidang penalaran, seni, olahraga, minat khusus, dan kesejahteraan.

"UNY juga mengkoordinasikan alumni agar tetap peduli terhadap pengembangan UNY," kata Sumaryanto.

Ketua Panitia Lokakarya Ilmawan Mustaqim mengatakan kegiatan itu diikuti 863 mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN sebanyak 46 orang, SBMPTN 89 orang, Seleksi Mandiri Prestasi 722 orang, dan Seleksi Mandiri Ujian Tulis 6 orang.

(B015)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024