Warga Panggungharjo peroleh bantuan perbaikan rumah

id perbaikan rumah

Warga Panggungharjo peroleh bantuan perbaikan rumah

Ilustrasi perbaikan rumah (rumaht4belajar.wordpress.com)

Bantul (ANTARA Jogja) - Sebanyak 41 kepala keluarga warga Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tahun ini mendapatkan bantuan perbaikan rumah dari Kementrian Negara Perumahan Rakyat.

"Tahun ini kami mengajukan sebanyak 104 rumah ke pemerintah pusat, namun baru 41 rumah yang dinyatakan lolos dan mendapat bantuan perbaikan rumah," kata koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Desa Panggungharjo, Bantul, Putra Setiyarsa, Kamis.
Menurut dia, bantuan perbaikan rumah  terhadap masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ini merupakan program pemerintah pusat dalam rangka peningkatan kualitas rumah hunian.

Jadi, kata dia warga yang berhak menerima bantuan ini adalah yang memiliki penghasilan rendah dan dinyatakan lolos berdasarkan survei dan administrasi dari kementerian.

Sosialisasi kepada calon penerima, kata dia juga sudah dilakukan pada pertengahan Juni 2012 lalu di balai desa Panggungharjo.

"Program peningkatan kualitas rumah hunian ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak 2008 lalu, namun baru di tahun 2012 ini masyarakat Panggungharjo bisa menikmati program ini meskipun hanya 41 rumah," katanya.
Ia mengatakan, dalam program ini pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp50 miliar untuk perbaikan rumah untuk di seluruh kabupaten/kota di Indonesia secara bergantian.
"Meski baru 41 rumah yang dinyatakan lolos, namun BKM Panggungharjo akan berusaha mengajukan bagi warga yang layak menerima dan belum masuk pada daftar penerima," kata dia.