Muladi imbau Akbar Tandjung kembali ke khittah

id muladi imbau akbar tandjung

Muladi imbau Akbar Tandjung kembali ke khittah

Muladi (Foto antaranews.com)

Jakarta (ANTARA Jogja) - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Muladi mengimbau Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung agar kembali ke khittah dengan tidak menciptakan goncangan di internal partai.
   
"Pak Akbar sebaiknya tidak lagi melontarkan wacana evaluasi calon presiden dari Partai Golkar, karena forum Rapimnas (rapat pimpinan nasional) sudah memutuskan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie sebagai calon presiden," kata Muladi di Jakarta, Selasa.

Muladi menjelaskan, akhir-akhir ini Akbar Tandjung sering melontarkan wacana agar pencalonan Aburizal sebagai calon presiden dievaluasi sehingga membuat situasi tidak kondusif di internal Partai Golkar.

Dalam waktu dekat, kata dia, DPP Partai Golkar akan melakukan rapat harian untuk mengevaluasi semua hal yang berkembang, termasuk pernyataan Akbar Tandjung.

"Ada kemungkinan DPP Partai Partai Golkar akan memberikan teguran dan sanksi kepada Akbar Tandjung jika masih melakukan pelanggaran AD/ART partai," katanya.

Namun, Muladi berharap Akbar Tandjung bisa kembali ke khittahnya sehingga tidak sampai diberikan teguran dan sanksi.

Mantan Gubernur Lemhanas ini menegaskan tidak ada seorangpun yang dapat membatalkan Aburizal Bakrie sebagai calon presiden dari Partai Golkar, kecuali dirinya sendiri. 
   
Jika Akbar Tandjung masih terus melontarkan wacana yang bisa membuat situasi internal partai menjadi tidak kondusif, menurut dia, maka DPP Partai Golkar bisa memberikan sanksi mulai dari teguran hingga pemberhentian
"Sanksi teguran saja sudah sangat keras bagi Pak Akbar, apalagi jika sampai diberhentikan," katanya.

Muladi menilai, apa yang disampaikan Akbar Tandjung bukan lagi sebagai kritik yang objektif dan konstruktif tapi lebih kepada kritik destruktif karena bertentangan dengan AD/ART partai.

Menurut dia, penetapan Aburizal Bakrie sebagai calon presiden dari Partai Golkar sudah final dan sesuai dengan AD/ART partai, sehingga sudah seharusnya mesin partai, termasuk Dewan Pertimbangan, ikut bergerak menyukseskan keputusan itu.

"Wacana evaluasi yang terus dilontarkan Pak Akbar ke publik menimbulkan gejolak di internal partai sehingga menjadi destruktif," katanya.

Ia mengatakan wacana yang dilontarkan Akbar Tandjung membangkitkan emosi para pengurus di daerah. "Ini tidak bernar," katanya.

Jika Akbar Tandjung ingin agar Partai Golkar menjadi besar seharusnya turut menjaga AD/ART partai, bukannya malah berusaha mendikte DPP dengan mengirim surat dan berbicara ke publik.

Ia menilai langkah yang dilakukan Akbar Tandjung menimbulkan situasi saling mencurigai diantara kader Partai Golkar, padahal seharusnya bisa solid.

"Melalui rapat harian yang akan segera diselenggarakan, sasarannya untuk evaluasi sekaligus menyatukan faksi-faksi yang muncul di internal partai," katanya.

Muladi tidak menginginkan Partai Golkar mengalami kutukan pengkhianatan seperti yang terjadi pada era Presiden Soeharto hingga turunnya Jusuf Kalla dari posisi ketua umum.

Menurut dia, Partai Golkar saat ini tengah dalam ujian berat, karena harus menghadapi tantangan dari eksternal maupun internal partai.

(R024)