35 desa di Sleman selenggarakan pilkades serentak

id pilkades sleman

35 desa di Sleman selenggarakan pilkades serentak

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman, (Antara Jogja) - Sebanyak 35 desa di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan pemilihan kepala desa secara serentak, Minggu.

"Pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak, secara umum pelaksanaan berjalan lancar, tanpa hambatan berarti," kata Sekda Kabupaten Sleman Sunartono seusai memantau pelaksanaan pilkades di sejumlah desa, Minggu.

Menurut dia, pelaksanaan pilkades di 35 desa di Kabupaten Sleman dengan 112 calon kepala desa tersebut berjalan lancar.

"Dari data calon kepala desa tersebut mayoritas masih didominasi kaum laki-laki, yaitu 103 orang sedang wanitanya hanya sembilan orang," katanya.

Ia mengatakan, dari 112 calon kepala desa tersebut yang berpendidikan S2 ada enam orang, S1 ada 11 orang, D3 ada lima orang, berpendidikan SLTA ada 85 orang dan yang berpendidikan SMP ada lima orang.

"Meskipun pelaksanaan pilkades secara serentak tersebut berjalan lancar, namun diharapkan pengamanan tidak hanya saat pelaksanaan pilkades saaja, namun diharapkan pascapelaksanaan pilkades harus juga tetap ada pengamanan, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Ia mengatakan, kepada semua calon kepala desa yang maju dalam pemilihan tersebut diharapkan untuk menjaga situasi yang kondusif baik yang menang maupun yang kalah.

"Lebih penting bagi calon kepala desa yang menang jangan `umuk` (sombong), tetapi sebaliknya yang kalah juga jangan "ngamuk", karena pada prinsipnya pemilihan tersebut bukan seperti pertandingan di atas ring," katanya.

Sunartono mengatakan, yang menang sebagai amanah dan memikul bebang tanggung jawab yang lebih besar, sebaliknya yang kalah diharapkan mendukung yang menang agar program pembangunan di desa bisa berjalan dengan baik.

"Dalam pemilihan tersebut semua calon diharapkan tetap siap, artinya siap kalah dan siang menang, yang kalah harus mendukung yang menang agar roda pemerintahan di desa tetap berjalan lancar," katanya.

Ia mengatakan, pelaksanaan pilkades di beberapa TPS yang sempat disambanginya cukup menggembirakan, karena antusias masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya cukup tinggi.

"Seperti di salah satu TPS di Ambarketawang, Gamping pada jam 11.15 WIB jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya sudah mencapai dua pertiga," katanya.

Pilkades serentak di Kabupaten Sleman berlangsung di 35 desa diantaranya di Sidoaruman di Kecamatan Godean, Desa Sumbersari di Kecamatan Moyudan, Ambarketawang Gamping dan Sendangadi di Kecamatan Mlati.

Selain itu juga di Desa Madurejo dan Bokoharjo di Kecamatan Prambanan, Desa Maguwoharjo dan Condongcatur di Kecamatan Depok, Desa Selomartani di Kecamatan Kalasaan dan Desa Bimomartani di Kecamatan Ngemplak.***2***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024