Umat Hindu ikuti Melasti di Pantai Ngobaran

id melasti

Umat Hindu ikuti Melasti di Pantai Ngobaran

Umat Hindu dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah melakukan Upacara Melasti di Pantai Ngobaran, Kabupaten Gunung Kidul. (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Ratusan umat Hindu di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Istimewa Yogyakarta, dan sekitarnya melaksanakan Upacara Melasti di Pantai Ngobaran, Saptosari.

Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Gunung Kidul Purwanto di Gunung Kidul, Senin, mengatakan kegiatan hari ini diikuti oleh sekitar 700 orang warga dari Gunung Kidul, Yogyakarta dan Jawa Tengah.

"Ada sekitar 700-an umat yang mengikuti perayaan melasti di Pantai Ngobaran," kata Purwanto.

Ia mengatakan Upacara Melasti merupakan rangkaian Hari Raya Nyepi yang bertujuan untuk mensucikan diri sebelum melaksanakan Nyepi pada 9 Maret.

Diawali arak-arakan gunungan, uba rampe dan pura mini yang disebut pratima dari parkiran Pantai Ngobaran menuju ke tempat upacara yang berada di tepi pantai dengan diiringi doa dan kidung suci. Rombongan pembawa gunungan, sesembahan dan pratima ini dipimpin oleh seorang wasi. "Prosesi ini untuk mensucikan diri," katanya.

Selain itu, dilakukan upacara sembahyang dan melarung sesaji. "Melasti memang rutin dilaksanakan, sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur," kata dia.

Binmas Hindu Kementerian Agama DIY Ida Bagus Wika Krisna menambahkan Melasti merupakan upacara untuk menghilangkan berbagai sifat buruk.

"Selain untuk mensucikan umat, melasti juga membersihkan kekotoran alam semesta," katanya.

Kasi Pelestarian dan Pengembangan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunung Kidul Dwijo Winarto menambahkan upacara Melasti yang dikemas secara tradisional menarik wisatawan yang berjunkung ke Gunung Kidul.

"Upacara melasti mampu menarik wisatawan ke Gunung Kidul," katanya.***4***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024