Polsek Girimulyo bersihkan material tanah longsor

id Tanah longsor

Polsek Girimulyo bersihkan material tanah longsor

Jajaran Polsek Girimulyo dan masyarakat Kabupaten Kulon Progo membersihkan material yang menutup sebagian jalan menuju Gua Kiskendo. (Dokumen Istimewa Tagana Kulon Progo)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Jajaran anggota Kepolisian Sektor Girimulyo Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan kerja bakti membersihkan tanah longsor yang menutup sebagian jalan arah Gua Kiskendo, di Pedukuhan Tompak.

Kapolsek Girimulyo AKP Fakhrurodin di Kulon Progo, Selasa, mengatakan pada Senin (3/10) terjadi hujan deras intensitas tinggi yang menyebabkan tanah longsor sekitar 17.45 WIB dengan ketinggian 6 meter dan panjang 6 meter.

"Tanah longsor tersebut mengakibatkan jalan tertutup material longsoran. Akibatnya, akses jalan menurut objek wisata Gua Kiskendo sedikit terganggu," kata Fakhrurodin.

Ia mengatakan longsoran tersebut menutup sebagian jalan dan mengganggu arus lalu lintas serta menyebabkan jalan licin apabila terkena air hujan, sehingga jajarannya berinisiatif mengerahkan anggotanya untuk kerja bakti bersama warga, tagana, anggota koramil dan pegawai Kecamatan Girimulyo membersihkan longsoran tersebut.

"Kami gotong royong membersihkan longsoran. Saat ini, kondisi jalan sudah dapat dilalui, namun kami mengimbau pengguna jalan tetap hati-hati," katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Kulon Progo Gusdi Hartono mengatakan BPBD melaksanakan bencana dengan optimal, sedangkan yang bersifat permanan pihaknya koordinasi dengan DPU.

Data jumlah titik longsor dari skala kecil sampai besar di Kulon Progo selama 2016 yakni tanah longsor terjadi di 129 titik kejadian. Lokasi tanah longsor skala besar sebanyak enam titik yakni lokasi Nglinggo Timur, Kaliduren Kebonharjo ada dua titik, Jarakan Kebonrejo, Crangah Hargowilis, dan Separang Pagerharjo.

Kemudian, tanah longsor skala sedang ada dua titik kejadian. Lokasi di Tukharjo Purwoharjo dan Kedungtawang Purwosari. Tanah longsor skala kecil ada 121 titik kejadian yang tersebar di Kecamatan Samigaluh, Kalibawang, Girimulyo, Kokap dan Pengasih.

"Kami berupaya menangani tanah longsor baik skala kecil, sedang dan besar secara optimal," katanya.


(KR-STR)