Dua jejering sampah DIY peroleh bantuan armada

id Sampah

Ilustrasi tempat pembuangan sampah (Foto Antara/doc)

Bantul (Antara Jogja) - Dua anggota Jejaring Pengelola Sampah Mandiri di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta memperoleh bantuan armada pengelolaan sampah dari perusahaan nasional bidang jasa pengiriman dan pendistribusian JNE.

Bantuan armada roda tiga bagi Jejaring Pengelola Sampah Mandiri (JPSM) itu diserahkan dalam Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat DIY 2017 dengan tema "Connecting People To Nature" di Halaman Pasar Bantul, Kabupaten Bantul, DIY, Minggu.

"Bantuan berupa armada roda tiga kepada anggota JPSM di Yogyakarta itu agar digunakan sebagai armada operasional dalam pengelolaan sampah berbasis masyarakat," kata VP of Marketing JNE Eri Palgunadi.

Menurut dia, dua anggota JPSM yang peroleh armada itu adalah Pondok Pesantren Lintang Songo di Desa Sitimulyo, Piyungan Bantul dan Kelompok Sampah Mandiri Permata Pakem Desa Tamanmartani Sleman.

Keduanya merupakan anggota JPSM yang dinilai Badan Lingkungan Hidup (BLH) DIY sebagai kelompok sampah mandiri yang aktif dan dapat dijadikan contoh karena keberhasilannya mengolah sampah serta limbah.

"Selain kepedulian dalam pengelolaan sampah, kami juga telah melakukan berbagai langkah-langkah sebagai wujud dari kepedulian terhadap alam, seperti layanan pengiriman dengan menggunakan sepeda," katanya.

Sementara itu, Kepala BLH DIY Joko Wuryantoro mengatakan, atas nama Pemda DIY memberikan apresiasi kepada perusahaan jasa pengiriman itu yang peduli terhadap masalah lingkungan hidup melalui program tanggungjawab sosial perusahaan (CSR).

"Semoga JNE menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk tergerak membangun daerah, khususnya masalah lingkungan. Sehingga bersama-sama dengan pemda, dapat turut menggelar berbagai program untuk menyejahterakan masyarakat," katanya.

Selain penyerahan bantuan armada, pada puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup itu juga dilakukan deklarasi Satgas Penanggulangan Gawat Darurat Sampah oleh sejumlah pejabat perwakilan dari kabupaten/kota se DIY yang hadir pada kegiatan itu.

Ada lima poin dalam deklarasi itu, yaitu `Kami siap mewujudkan lingkungan bersih, sehat dan nyaman, menjadi suri tauladan pengelolaan lingkungan yang baik, mewujudkan kebersihan lingkungan tempat tinggal, mewujudkan kebersihan lingkungan kerja, menyukseskan Bantul Bersih Sampah 2019.

(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar