PKS tagih janji perpanjangan moratorium hotel Yogyakarta

id hotel

PKS tagih janji perpanjangan moratorium hotel Yogyakarta

Ilustrasi pembangunan hotel (Foto antaranews.com)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Kota Yogyakarta menagih janji kepala daerah Kota Yogyakarta terkait perpanjangan moratorium izin pembangunan hotel baru sebagai bagian dari kontrak politik saat pilkada.

"Saat memutuskan untuk mendukung pasangan calon kepala daerah Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi, salah satu isi kontrak politiknya adalah moratorium izin pembangunan hotel baru," kata Ketua Faksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Yogyakarta Nasrul Khoiri di Yogyakarta, Selasa.

Oleh karena itu, lanjut Nasrul, kepala daerah perlu menunjukkan ketegasannya dengan memperpanjang moratorium izin pembangunan hotel baru karena moratorium lama akan segera berakhir pada akhir Desember.

Partai tersebut bahkan mengusulkan agar Pemerintah Kota Yogyakarta dapat memperpanjang moratorium izin pembangunan hotel baru selama lima tahun yang kemudian tertuang dalam pandangan umum fraksi pada Raperda RPJMD 2017-2022.

"Kami akan terus mengawal agar Pemerintah Kota Yogyakarta berkomitmen menjalankan moratorium izin pembangunan hotel baru. Tidak ada pembangunan hotel baru di Yogyakarta," katanya.

Nasrul menilai, pembangunan hotel baru belum dibutuhkan karena jumlah hotel di Kota Yogyakata sudah cukup banyak sehingga berdampak pada berkurangnya rata-rata okupansi hotel.

Selain itu, lanjut dia, banyaknya hotel yang berdiri di Kota Yogyakarta belum memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan pajak daerah.

Di Kota Yogyakarta tercatat sebanyak 525 hotel yang menjadi wajib pajak dengan target pendapatan dari pajak sebesar Rp118 miliar atau meningkat dari tahun lalu sebesar Rp100 miliar.

Sebelumnya, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia DIY juga mengusulkan agar Pemerintah Kota Yogyakarta dapat memperpanjang moratorium izin pembangunan hotel baru hingga 2021 karena rata-rata okupansi hotel masih rendah atau kurang dari 60 persen.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti memastikan akan memperpanjang moratorium izin pembangunan hotel baru di Kota Yogyakarta yang akan dituangkan dalam bentuk peraturan wali kota.

"Akhir bulan ini sudah akan ditetapkan," kata Haryadi yang memberikan sinyal akan memperpanjang moratorium selama dua hingga tiga tahun ke depan. ***3***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024