Pemkab Gunung Kidul revitalisasi 10 pasar rakyat

id pasar rakyat,revitalisasi

ilustrasi- Teater dalam pasar Seniman yang tergabung dalam Forum Aktor Yogyakarta mementaskan pertunjukan teater bertajuk Bank Pasar Rakyat di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Rabu (21/9/2017). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/16.) ()

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 2018 ini akan melakukan revitalisasi terhadap 10 pasar rakyat dengan anggaran sekitar Rp10,1 miliar guna meningkatkan transaksi jual beli.

"Revitalisasi pasar rakyat ini, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian pedagang dan meningkatkan daya saing dengan munculnya toko jejaring di wilayah itu," kata Kepala Bidang Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian Gunung Kidul Ari Setiawan di Gunung Kidul, Sabtu.

Dia mengatakan 10 pasar rakyat yang akan diperbaiki itu meliputi Pasar Argosari (Wonosari), Pasar Playen (Playen), Pasar Hargomulyo (Gedangsari), Pasar Mentel (Tanjungsari), Pasar Bedoyo (Ponjong), Pasar Trowono (Paliyan), Pasar Wonontoro (Karangmojo), Pasar Semin (Semin), Pasar Jimbaran (Ponjong) dan Pasar Jepitu (Girisubo).

Anggaran revitalisasi berkisar dari Rp600 juta hingga Rp1,5 miliar. Pasar Argosari, Wonosari, terbesar anggaran Rp4,5 miliar. Dana tersebut digunakan untuk menyelesaikan pemasangan lift yang sudah dibangun sejak tahun lalu.

"Anggaran revitalisasi tergantung dari tingkat kerusakan dan skala prioritas," katanya.

Ari mengatakan dengan pembangunan kembali diharapkan memberikan kenyamanan baik untuk pengunjung maupun pedagang.

"Program revitalisasi merupakan bagian untuk menghidupkan kembali pasar rakyat. agar meningkatkan perekonomian pedagang dan masyarakat," katanya.

Kepala Disperindag Gunung Kidul Hidayat menambahkan pembangunan pasar rakyat diharapkan bisa bersaing dengan pasar modern yang semakin banyak di Kabupaten Gunung Kidul.

"Untuk sumber anggaran bisa dari APBD, dana alokasi khusus (DAK), hingga tugas pembantuan dari pusat," katanya.

Hidayat berharap masyarakat mendukung dengan cara mendatangi pasar rakyat untuk berbelanja. Sehingga perekonomian bisa bergerak.

"Dengan pasar yang semakin baik, maka banyak masyarakat yang mengunjungi pasar rakyat," katanya.

(U.KR-STR)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar