Pemerintah fasilitasi penyandang disabilitas pelatihan keterampilan

id Disabilitas,Pelatihan,Yogyakarta

Difabel (Foto ANTARA Jogja/Noveradika)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta akan membuka pelatihan keterampilan khusus bagi penyandang disabilitas, yaitu pelatihan keterampilan di bidang boga.

"Kami akan buka pelatihan keterampilan dengan kuota untuk 20 peserta," kata Kepala Seksi Pengembangan dan Pelatihan Produktivitas Tenaga Kerja Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Thissani Indian Musi di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, pelatihan keterampilan di bidang boga atau kuliner yang akan diberikan adalah pelatihan pembuatan kue dan roti.

Peserta akan mengikuti pelatihan selama 15 hari. Pelatihan rencananya akan digelar pada Juli atau Agustus.

Penyandang disabilitas yang bisa mengakses pelatihan tersebut adalah penyandang disabilitas tuna rungu dan tuna daksa ringan.

Pelatihan kepada penyandang disabilitas tersebut menjadi bagian dari 20 jenis pelatihan yang diselenggarakan secara gratis oleh Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta pada tahun ini.

Warga yang berminat mengikuti pelatihan dapat melakukan pendaftaran di Kantor Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta dengan membawa kelengkapan syarat berupa KTP, kartu kuning, ijazah hingga pas foto.

Pendaftaran pelatihan akan dibuka mulai 29 Januari hingga kuota pelatihan terpenuhi.

"Harapannya, penyandang disabilitas tersebut memiliki keterampilan sehingga bisa mandiri dan berdaya," katanya.

Pada tahun lalu, Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta juga menyelenggarakan pelatihan keterampikan yang diikuti penyandang disabilitas dengan memanfaatkan dana APBN. Pelatihan yang diberikan adalah pelatihan pembuatan bakpia.

(E013)


Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar