Penataan Tugu diminta sinkron dengan revitalisasi Malioboro

id Tugu,Revitalisasi

tugu golong gilig (Foto Antara.doc)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta meminta PT KAI melakukan sinkronisasi penataan atau pengembangan Stasiun Tugu dengan pelaksanaan revitalisasi Malioboro yang akan dilanjutkan dalam waktu dekat.

"Dengan sinkronisasi, maka pelaksanaan penataan tidak berjalan sendiri-sendiri sehingga hasilnya pun akan lebih baik karena hasil revitalisasi bisa saling mendukung," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, dukungan yang bisa diberikan oleh PT KAI terhadap revitalisasi di Malioboro adalah pada fasilitasi untuk pusat parkir kendaran pengunjung yang akan berwisata di Malioboro.

"Kami titip agar rencana penataan atau pengembangan Stasiun Tugu ini juga mampu memberikan solusi terhadap permasalahan parkir wisatawan di Malioboro. KAI bisa memberikan dukungan terhadap penyediaan lokasi parkir," katanya.

Stasiun Tugu memiliki lokasi parkir yang cukup luas di sisi barat stasiun. Lokasi parkir tersebut menjadi salah satu alternatif parkir bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Malioboro.

Dengan demikian, lanjut dia, proses penataan di Stasiun Tugu tidak akan menambah permasalahan baru di kawasan Malioboro tetapi justru bisa memberikan dukungan untuk mengatasi permasalahan parkir di Malioboro.

Salah satu bagian dari rencana penataan Stasiun Tugu adalah pembangunan pedestrian di pintu selatan Stasiun Tugu atau berada di sepanjang Jalan Pasar Kembang.

Pemerintah Kota Yogyakarta berharap, pembangunan pedestrian dapat segera diselesaikan pada akhir semester pertama tahun ini. "Dengan demikian, kami pun bisa melakukan penataan parkir di sepanjang jalan tersebut," katanya.

Pemerintah Kota Yogyakarta, lanjut dia, belum bisa melakukan penataan parkir di Jalan Pasar Kembang secara optimal karena masih menunggu pembangunan pedestrian secara tuntas.

"Jalan Pasar Kembang memang sudah padat sehingga perlu ditata. Kami tunggu penyelesaian pedestrian terlebih dulu," katanya.

Sebelumnya, PT KAI berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan pedestrian di sepanjang Jalan Pasar Kembang pada tahun ini.

Proses pembangunan pedestrian oleh PT KAI di Jalan Pasar Kembang sudah berjalan dimulai dari depan pintu masuk Stasiun Tugu ke arah Jalan Malioboro.

Saat ini sudah terbangun trotoar sepanjang 150 meter dari total panjang trotoar yang akan dibangun sekitar 800 meter. Pembangunan akan dilakukan bertahap. 

(E013)


Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar