Dishub Bantul siapkan operasi penyelenggaraan angkutan Lebaran

id angkutan lebaran

ILustrasi. Pemeriksaan armada angkutan Lebaran. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/17.

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan rencana Operasi Angkutan Lebaran 2018 untuk menghadapi penyelenggaraan angkutan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah di daerah ini.

"Dalam melaksanakan rencana operasi ini tugas dinas adalah mempersiapkan kebijakan khusus di bidang perhubungan untuk kelancaran, ketertiban dan keselamatan angkutan Lebaran," kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul Aris Suharyanta di Bantul, Rabu.

Menurut dia, Dishub sebagai fasilitator masyarakat yang akan melakukan perjalanan di wilayah Bantul selama Lebaran 2018 akan melakukan persiapan, pelaksanaan dan pelaporan penyelenggaraan angkutan Lebaran sejak H-7 sampai H+7 Lebaran.

Ia menjelaskan, sedangkan kebijakan yang diambil dalam pelaksanaan Operasi tersebut adalah mengintensifkan koordinasi dengan dinas terkait yang ikut dalam tim koordinasi penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu 2018.

"Untuk pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor dan angkutan penumpang juga tetap dilaksanakan selama Operasi Angkutan Lebaran," katanya.

Aris menjelaskan, selama penyelenggaran angkutan Lebaran, Dishub juga mempersiapkan jalur utama maupun jalur alternatif di Bantul dan melakukan pemantauan pada titik rawan kemacetan di wilayah Kabupaten Bantul.

"Kami juga mempersiapkan sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan pada jalur utama selama penyelenggaraan Angkutan Lebaran," katanya.

Sedangkan pemantauan pada ruas jalan wisata, kata dia, dilakukan di sejumlah titik menuju kawasan wisata seperti di wisata Parangtritis, Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus di Dlingo dan Bukit Bintang di Piyungan.

Aris mengatakan, Dishub juga akan menugaskan personel yang bertugas sebagai penyiap data pada masing-masing pos pantau penumpang beserta kontak person yang bisa dihubungi agar bisa memberikan informasi terkini.

"Kemudian melakukan pembatasan angkutan barang di jalur-jalur utama. Namun kami masih menunggu Surat Edaran dari Dirjen Perhubungan Darat tentang pembatasan operasional angkutan barang saat Lebaran," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar