Kecamatan Sleman terbaik pertama festival ketoprak

id Ketoprak

Kecamatan Sleman terbaik pertama festival ketoprak

Ilustrasi. (Foto Antara)

Sleman (Antaranews Jogja) - Kontingen ketoprak dari Kecamatan Sleman menjadi penyaji terbaik pertama Festival Kethoprak antarkecamatan se-Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta?pada 2018, yang diumumkan Rabu, sekitar pukul 01.00 WIB.

"Kontingen Kecamatan Sleman membawakan lakon `Satriya Pinilih" dan mampu menyisihkan 16 kontingen kecamatan lainnya se-Kabupaten Sleman dengan nilai 815," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara di Sleman, Rabu.

Dia menjelaskan penilaian festival ketoprak tersebut dilaksanakan secara profesioanal oleh dewan juri yang berkompeten di bidangnya, yaitu Drs. Purwatmadi, Akhirulusono, S.Sn., dan Pardjoyo, S.Sn.

"Dengan demikian atas perolehan sebagai penyaji terbaik pertama kontingen Kecamatan Sleman berhak atas trofi dan uang pembinaan sebesar Rp6 juta," katanya.

Ia mengatakan festival ketoprak itu berlangsung selama enam hari, mulai 21 hingga 26 Juni 2018, di Kompleks Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman.

Penyaji terbaik kedua diraih kontingen Kecamatan Gamping yang membawakan lakon "Semboja Kapugeran" dengan nilai 810. Peraih kategori terbaik kedua berhak atas trofi dan uang pembinaan Rp5 juta.

Penyaji terbaik ketiga diraih kontingen Kecamatan Berbah dengan lakon "Gerombolan Gagak Seta" dengan nilai 800. Kontingen Berbah memperoleh trofi dan uang pembinaan Rp4 juta.

Juara harapan pertama diraih kontingen Kecamatan Godean dengan lakon "Nalisir Saka Bebener" dengan nilai 775. Kontingen itu memperoleh trofi dan uang pembinaan Rp3,25 juta dan juara harapan kedua Kecamatan Turi dengan lakon "Ranggalawe" dengan nilai 750. Kontingen itu memperoleh trofi dan uang pembinaan Rp3 juta.

Terpilih sebagai sutradara terbaik Sugiman Dwi Nurseto dari kontingen Kecamatan Sleman, penata iringan terbaik Mara Wasis Pambayun Putra dari kontingen Kecamatan Sleman, penata busana terbaik Retno Mursilah dari kontingen Kecamatan Berbah, dan penata artistik terbaik Karyadi dari kontingen Kecamatan Gamping.

Pemeran putra terbaik Suryono dari kontingen Kecamatan Berbah, pemeran putri terbaik Rara Lembah dari kontingen Kecamatan Gamping. Pemeran pembantu putra terbaik Bumi Woro dari kontingen Kecamatan Sleman, dan pemeran pembantu putri terbaik Ken Danis dari kontingen Kecamatan Godean, sedangkan untuk kategori pembinaan terbaik diraih oleh kontingen Kecamatan Tempel.


(V001) 27-06-2018 13:26:08


 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024