Psikolog: orang tua menstimulasi tumbuh kembang anak

id Anak,Psikolog

Psikolog: orang tua menstimulasi tumbuh kembang anak

Psikolog Anna Surti Ariani (kiri) dan Marketing Manager SGM Explor Astrid Prasetyo (kanan). (Foto Antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Orang tua dan lingkungan sekitar diharapkan secara bertahap dan terus menerus menstimulasi lima aspek tumbuh kembang anak yang dapat mendukung mereka menjadi generasi maju, kata psikolog Anna Surti Ariani.

"Lima aspek tumbuh kembang anak itu adalah aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa, dan sosial," katanya pada talkshow atau bincang-bincang santai "Festival Sahabat Generasi Maju-SGM Explor" di Taman Pintar Yogyakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, untuk mendorong anak memiliki lima potensi prestasi anak generasi maju, orang tua harus menggali lima aspek tumbuh kembang anak yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya tersebut agar anak dapat memiliki tumbuh kembang yang optimal.

"Hal itu diperlukan karena lima potensi anak generasi maju, yakni cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri, dan percaya diri tidak tumbuh instan, tetapi perlu dikembangkan sejak dini," kata Anna.

Marketing Manager SGM Eksplor Astrid Prasetyo mengatakan festival sahabat generasi maju di Yogyakarta diadakan di Taman Pintar, yang merupakan area rekreasi edukatif untuk anak dan keluarga.

Melalui kegiatan itu, menurut dia, orang tua dapat berekreasi dengan keluarga sekaligus menstimulasi potensi anak dengan cara yang menyenangkan melalui wahana edukatif "Jejak Nutrisi" di Taman Pintar.

"Kami sangat senang dapat melaksanakan kegiatan itu karena Yogyakarta dikenal sebagai kota pendidikan dengan nilai budaya tinggi yang juga tempat lahirnya PT Sarihusada Generasi Mahardhika, dan sampai sekarang masih menjadi salah satu lokasi pabrik," katanya.

Ia mengatakan, dalam rangkaian kampanye anak generasi maju, SGM Eksplor juga bekerja sama dengan PAUD sebagai institusi pendidikan usia dini. PAUD memiliki peranan penting bagi perkembangan anak.

"Oleh karena itu, PAUD juga akan memperoleh perhatian khusus dari SGM Eksplor untuk mendukung pendidikan generasi maju. Kami akan bekerja sama dengan 100 PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia dalam bentuk edukasi nutrisi dan dana pendidikan," kata Astrid. (B015)

(T.B015)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024