KPU Bantul sosialisasikan rekrutmen anggota KPU

id KPU Bantul

KPU Bantul sosialisasikan rekrutmen anggota KPU

Ilustrasi (Foto Antara) (Foto Antara/)

 Bantul (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyosialisasikan pendaftaran atau rekrutmen anggota lembaga penyelenggara pemilu ini untuk periode 2018 sampai dengan 2023.

 "Kegiatan hari ini melakukan sosialisasi rekrutmen calon Anggota KPU Bantul periode 2018 s.d. 2023, karena yang bertugas di KPU Kabupaten Bantul ini akan memasuki purna pada tanggal 24 Oktober 2018," kata Ketua KPU Kabupaten Bantul Muhammad Johan Komara ditemui di sela sosialisasi di Bantul, Senin.

 Rekrutmen anggota KPU Bantul periode 2018 s.d. 2023 dimulai sejak 4 Juli hingga 12 Juli.

Menurut dia, KPU RI telah menunjuk tim seleksi (timsel) dari unsur independen untuk melakukan seleksi rekrutmen anggota KPU kabupatan/kota se-DIY.

Johan berharap sosialisasi rekrutmen calon anggota KPU Bantul dengan mengundang seluruh elemen masyarakat, baik praktisi, akademisi, organisasi masyarakat (ormas), maupun LSM ini dapat ikut meramaikan calon anggota KPU.

Menurut Johan, makin banyak calon yang daftar anggota KPU Bantul tentu akan sangat baik dan menguntungkan buat timsel untuk memilih mana yang terbaik dan juga nanti masyarakat banyak pilihan.

 Ketika ditanya jumlah warga yang sudah mendaftar calon anggota KPU Kabupaten Bantul, Johan mengatakan bahwa secara detail siapa yang sudah menyerahkan berkas itu merupakan kewenangan timsel yang juga membuka seleksi calon anggota KPU kabupaten/kota se-DIY.

 "Namun, prinsipnya yang dapat saya sampaikan kepada seluruh elemen masyarakat apabila sudah memiliki syarat dan kemauan atau punya keinginan dan kemauan memenuhi syarat bisa menyerahkan berkas sampai 12 Juli nanti," katanya.

Meski begitu, kata dia, hingga Senin sudah ada sembilan orang yang berkonsultasi terkait dengan rekrutmen anggota KPU Kabupayen Bantul. Akan tetapi, mereka belum menyerahkan berkas pendaftaran.

 "Informasi yang saya terima baru sembilan yang berkonsultasi, kemudian satu yang menyerahkan berkas sampai Senin pukul 09.00 WIB," katanya.

 Sementara itu, Ketua Timsel Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota se-DIY Abdur Rozaki mengatakan bahwa pihaknya tidak membatasi jumlah calon anggota KPU yang mendaftar.

Namun, diakuinya hingga saat ini masih sedikit yang menyerahkan berkas pendaftaran.

 "Biasanya pengalaman tahun sebelumnya itu 2 hari terakhir pendaftaran akan banyak yang menyerahkan berkas. Makanya, timsel road show, sosialisasi terus terkait dengan perekrutan calon anggota KPU," katanya.



(T.KR-HRI)