Seleksi kompetensi CPNS Yogyakarta mulai Senin

id CPNS, seleksi kompetensi dasar, computer assisted test

Seleksi kompetensi CPNS Yogyakarta mulai Senin

Peserta tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (Foto Antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil yang melamar untuk formasi di Pemerintah Kota Yogyakarta akan dimulai Senin (5/11) dan berakhir Kamis (8/11).
   
“Akan ada lima sesi tes setiap harinya. Kami sudah membagi peserta seleksi per sesi. Mereka harus mengikuti tes sesuai jadwal dan sesi yang sudah ditetapkan. Tidak boleh berganti waktu dan sesi,” kata Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Yogyakarta Ary Iryawan di Yogyakarta, Rabu.
   
Seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang melamar di Pemerintah Kota Yogyakarta akan dilakukan di Graha Wana Bhakti Yasa dengan sistem “computer assisted test” (CAT).  Setiap sesi diikuti 450 peserta menyesuaikan jumlah komputer yang disediakan. 
   
Ary mengatakan, seluruh peserta SKD diminta datang sesuai jadwal yang sudah diberikan. “Kami sengaja menetapkan jadwal agar peserta datang 1,5 jam lebih awal dari jadwal sesi pelaksanaan tes,” katanya.
   
Jika peserta mengikuti tes sesi pertama yang digelar pukul 08.00 WIB, maka di dalam pengumuman ditetapkan agar peserta datang pukul 06.30 WIB. 
   
Jeda waktu tersebut akan digunakan sebagai persiapan sebelum peserta mengikuti seleksi kompetensi dasar, di antaranya pemeriksaan ke setiap peserta tes.
   
“Hanya ada tiga barang yang boleh dibawa peserta saat masuk ke ruangan tes yaitu KTP, kartu ujian dan kartu penitipan barang. Tas, jam tangan dan telepon selular semuanya dititipkan ke loker. Tidak boleh dibawa masuk,” katanya.
   
Peserta yang terlambat mengikuti tes atau tidak dapat mengikuti tes di jadwal yang sudah ditetapkan akan langsung dinyatakan gugur. 
   
“Tidak ada yang boleh mengajukan perubahan waktu pelaksanaan tes. Semuanya harus sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan,” katanya.
   
Pada hari pertama, Senin (5/11), seleksi untuk CPNS di Kota Yogyakarta dilakukan pada sesi kedua karena sesi pertama masih digunakan untuk tes CPNS Pemerintah DIY.
   
Begitu pula pada tes hari terakhir Kamis (8/11), hanya dilakukan hingga sesi kedua. 
   
Pemerintah Kota Yogyakarta membuka 356 formasi CPNS dengan jumlah pelamar mencapai 11.027 orang, namun hanya ada 6.660 pelamar yang dinyatakan lolos seleksi dan berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar. 
   
Namun demikian, tidak semua formasi yang dibuka terisi pelamar, seperti formasi untuk dokter spesialis yang minim bahkan tanpa pelamar sama sekali.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024