Wabup Sleman optimistis Pemilu 2019 berlangsung aman

id Kominda Sleman,wakil bupati sleman

Wabup Sleman optimistis Pemilu 2019 berlangsung aman

Suasana FGD Forum Komunikasi Intel Daerah (Kominda) Kabupaten Sleman (Foto Antara/Humas Sleman)

Sleman (Antaranews Jogja) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Muslimatun mengaku optimistis dan yakin pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah itu akan berlangsung aman, lancar dan sukses karena kesadaran masyarakat sudah cukup baik.

"Mari kita buktikan kepada Indonesia bahkan dunia bahwa orang Sleman adalah orang-orang yang santun, dan siap melaksanakan pemilu dengan damai dan aman," kata Sri Muslimatun pada Focus Group Discussion(FGD) Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) Kabupaten Sleman, di Sleman, Kamis.

Menurut dia, meski demikian pihaknya berharap para peserta FGD Kominda Sleman berperan aktif dalam menjaga keamanan dan kenyamanan selama proses Pemilu 2019 berlangsung.

"Kondusivitas di masyarakat dapat diwujudkan jika masyarakatnya rukun. Masyarakat diharapkan tidak mudah terpancing emosinya hanya karena perbedaan-perbedaan kecil. Sehingga, masyarakat dapat berjalan beriringan satu sama lain," katanya.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Sleman Hery Dwi Kuryanto mengajak seluruh masyarakat untuk menyambut pesta demokrasi tersebut dengan semangat persatuan.

"Diharapkan pula para tokoh masyarakat, tokoh agama dan para pemangku kepentingan di wilayah masing-masing untuk mengawal jalannya pemilu tersebut, sehingga dengan tujuan dari pesta demokrasi dapat tercapai," katanya.

Ia mengatakan, pemilu merupakan perwujudan dari kedaulatan rakyat untuk memilih pemimpin.

"Jadi, jangan jadikan momentum ini untuk mencari kemenangan dengan menghalalkan segala cara," katanya.

Sementara itu, menurut Iptu Dwi Daryanto dari Polres Sleman, hingga saat ini kondisi Sleman menjelang Pemilu 2019 terbilang aman. Belum ditemukan gangguan keamanan di masyarakat seperti kasus SARA dan sejenisnya.

"Meskipun begitu, diimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam bermedia sosial. Kasus SARA belum ada ya. Mungkin sebatas di media sosial. Jadi, jangan mudah percaya dengan berita-berita yang disebarkan di media sosial. Harus dicek apakah benar apa tidak. Mengandung hoaks atau fitnah apa tidak," katanya.

Kegiatan tersebut dihadiri 50 peserta yang terdiri atas Kominda Sleman, panitia penyelenggara pemilu, organisasi masyarakat, perwakilan mahasiswa, tokoh masyarakat dan OPD terkait.

Sedangkan narasumber yang hadir pada kegiatan tersebut di antaranya Iptu Dwi Daryanto dari Polres Sleman, AKBP Sudiyono dari Polda DIY dan Kapten Mariji dari Kodim 0732/Sleman.  (T.V001/B/E.K. Sinoel)
 
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024