Kemenhub integrasikan jalur kereta-bandara NYIA Kulon Progo

id Menhub

Kemenhub integrasikan jalur kereta-bandara NYIA Kulon Progo

Menteri Perhubungan Budi Karya meninjau calon lokasi bandara tepatnya sebelah utara Satradar Congot, Kabupaten Kulon Progo, DIY. (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo (ANTARA News Jogja) - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia akan mengintegrasikan jalur kereta api dengan Bandar Udara Baru Internasional Yogyarkata di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk percepatan pengembangan pariwisata di wilayah ini dan Jawa Tengah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kulon Progo, Jumat, mengatakan saat ini, perkembangan pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA), yakni airside, terminal 8.000 meter persegi, kereta api menggunakan jalur kereta api yang sudah ada.?

Nantinya, penumpang pesawat di Bandara NYIA yang akan ke Jawa Tengah dan Yogyarkarta akan menggunakan kereta api dari Stasiun Wojo. Dari Maguwoharjo sampai Stasiun Wojo membutuhkan waktu 30 menit, kemudian dari Staiun ?Wojo sampai bandara sekitar 10 menit.

Total waktu yang dibutuhkan sekitar 40 sampai 45 menit untuk menuju Bandara NYIA.

"Waktu ini cukup bagus. Nanti kereta dari Maguwoharjo berhenti di Stasiun Tugu langsung ke Statiun Wojo. Dari Stasiun Wojo sampai Bandara NYIA akan menggunakan kereta api khusus. Tadi saya juga sudah mengecek Stasiun Wojo ada bangunan-bangunan lama, akan kami jadikann satu icon," katanya.

Selain itu, lanjut Budi Karya, Kemenhub akan merencanakan jalur kereta api permanen dari Maguwoharjo-Tugu-Kedundang, langsung belok ke bandara. Nanti, kalau pengunjung atau penumpang bisa menggunakan kereta alternatif. Penumpang bisa menggunakan api reguler atau kereta khusus ke bandara yang berhenti di Stasiun Wojo.

"Kami pikir ada titik-titik unik jalur menuju bandara. Nanti akan kami koordinasikan dengan gubernur dulu supaya jalan tol Purworejo-Yogyakarta-Solo dan Sentolo-Borobudur akan dibangun," papar Budi.

Kemenhub, kata Budi akan meminta persetujuan Gubernur DIY Sri Sultan HB X supaya bisa bangun bersama-sama.

"Kami yakin pembangunan ini akan berdampak besar pada jumlah penumpang pesawat hingga 24 juta orang per tahun," katanya.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan kereta yang digunakan untuk menghubungkan Stasiun Maguwoharjo sampai Stasiun Wojo menggunakan Solo Ekspres.

"Kami mengoptimalkan kereta api yang ada, dan kereta pramex," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024