Menteri PUPR Basuki Hadimuljono peroleh Hamengku Buwono IX Award

id Dies natalis ugm,Basuki

Rektor Universitas Gadjah Mada Panut Mulyono menyerahkan anugerah Hamengku Buwono IX Award 2018 kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono pada acara puncak peringatan Dies Natalis ke-69 UGM di Grha Sabha Pramana, Rabu (19/12). (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Universitas Gadjah Mada memberi anugerah Hamengku Buwono IX Award 2018 kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono pada acara puncak peringatan Dies Natalis ke-69 UGM di Grha Sabha Pramana, Rabu.
       
Menteri Basuki dinilai sebagai tokoh yang memiliki jasa besar dalam bidang perencanaan dan pembangunan infrastruktur di Indonesia.
         
"Saya yakin dan berharap award ini disampaikan kepada kami bukan karena saya temannya pak Pratikno (Mensesneg), bukan karena saya temannya Pak Rektor, bukan karena saya alumni UGM, tetapi lebih pada peran saya sebagai Menteri PUPR membantu Presiden Jokowi," kata Basuki seusai menerima penghargaan yang diserahkan Rektor UGM Panut Mulyono.
         
Penghargaan tersebut, kata Basuki, akan ia jadikan sebagai motivasi untuk terus melaksanakan dan mengimplementasikan pengabdiannya di Kementerian PUPR sesuai koridor yang baik dan benar.
       
"Terutama untuk contoh bagi generasi penerus di Kementerian PUPR," kata alumnus Teknik Geologi UGM ini.
       
Selain mengucapkan terima kasih kepada UGM, dalam kesempatan itu, Basuki juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo sebab capaian prestasi yang ia raih saat ini, menurut dia, adalah berkat kepercayaan yang diberikan Presiden Jokowi.
       
"Terima kasih Gadjah Mada, terima kasih semuanya atas segala support-nya kepada Kementerian PUPR, kepada Joko Widodo Presiden RI karena hanya dengan perintahnya saya bisa berperan seperti sekarang ini," kata dia.
           
Rektor UGM Panut Mulyono mengatakan pemberian penghargaan kepada Basuki telah sesuai dengan kriteria yang ditentukan. 
         
"Kami mengevaluasi tokoh-tokoh yang ada di Indonesia ini dan ketemulah Pak Menteri PUPR," kata dia.
       
Basuki, kata dia, telah dinilai sebagai sosok di Indonesia yang memiliki kiprah dan pengabdian yang luar biasa kepada bangsa dan negara serta dinilai mampu meneladani sosok dan sifat-sifat yang dimiliki Sri Sultan Hemengku Buwono (HB) IX.
         
"Sosok Sri Sultan HB IX memiliki sifat kerakyatan, demokratis, berjuang tanpa pamrih untuk kemakmuran bangsa," kata dia.
           
Selain kiprah yang luar biasa dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, Panut menilai Basuki sebagai sosok yang egaliter dan merakyat yang dibuktikan dengan kesediannya bermain ketoprak, bermain drum, dan bernyanyi dalam berbagai kesempatan, serta mau bergaul dan menyatu dengan siapa saja.
           
"Dedikasi kepada UGM juga tidak diragukan lagi. Secara kebetulan beliau alumnus UGM yang kedekatannya dengan UGM sangat luar biasa," kata Panut.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar