KPU ingatkan tanggung jawab anggota PPK pada Pemilu 2019

id Anggota PPK

KPU ingatkan tanggung jawab anggota PPK pada Pemilu 2019

34 anggota PPK dilantik dan diambil sumpah oleh KPU Bantul (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengingatkan tanggung jawab besar yang diemban para anggota panitia pemilihan kecamatan dalam mensukseskan seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu serentak 2019.
     
"Ada tanggung jawab besar di pundak kalian dalam Pemilu 2019, Pemilu 2019 cukup komplek karena serentak pertama di Indonesia, saya harap tanggung jawab besar itu dapat dilaksanakan dengan baik dan sungguh-sungguh," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho disela melantik anggota PPK di Bantul, Rabu.
       
Sebanyak 34 anggota PPK yang direkrut KPU Bantul mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sebagai penyelenggara Pemilu 2019, anggota PPK terlantik itu merupakan tambahan untuk semua 17 kecamatan, masing-masing dua orang tiap kecamatan.
     
"Saya berpesan bahwa mulai hari ini kalian menyandang gelar sebagai penyelenggara pemilu, ada tiga hal yang harus selalu dipegang oleh setiap penyelenggara pemilu dalam bersikap dan bertindak," katanya.
     
Didik mengatakan, sebagai penyelenggara pemilu harus selalu menjaga kemandirian dan independensi, kemudian penyelenggara pemilu harus bisa melayani semua peserta pemilu tanpa membeda bedakan, dan juga harus melayani para pemilih.
     
"Sekian ratus ribu pemilih di Bantul itu akan dilayani kalian anggota PPK, sekali lagi karakter kemandirian dan independensi harus ada mulai hari ini hingga tahapan Pemilu 2019 selesai," katanya. 
     
Didik mengatakan, karakter yang harus dimiliki 34 anggota PPK adalah profesional, oleh sebab itu setelah anggota PPK dilantik segera berakselerasi, belajar dan membaca tentang semua peraturan undang-undang yang berkaitan dengan pemilu.
     
"Jadilah penyelenggara pemilu yang profesional, taat aturan dan tahu aturan, saya tidak ingin 34 orang anggota PPK terkena masalah hanya karena masalah profesionalitas. Setelah ini belajar semua undang-undang dan Peraturan KPU yang berkaitan dengan ketugasan," katanya.
     
Didik melanjutkan, karakter yang juga harus dimiliki oleh anggota PPK adalah karakter yang berintegritas, sehingga dapat mewujudkan semua proses dan tahapan pesta demokrasi yang juga berintegritas. 
     
"Kualitas penyelanggara pemilu ada di pundak kalian, integritas pemilu tergantung dari integritas anggota PPK, kejujuran adalah panglima dalam integritas pemilu, lakukan pemilu dengan jujur, dengan cermat sesuai yang diucapkan dalam sumpahnya," katanya. 
     
Didik juga berpesan kepada semua anggota PPK terlantik untuk segera melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan tiga anggota PPK lain yang sudah direkrut dan bekerja di masing-masing kecamatan, karena semua merupakan satu tim. 
     
"Lakukan konsolidasi dan koordinasi dengan Sekretariat PPK, lima anggota PPK adalah tim tidak ada yang bekerja sendiri semua harus bekerja bersama, sifatnya kolektif kolegial, bangun tim baik, bangun kekompakan yang baik sampai akhir pemilu," katanya.