KPU: persiapan logistik Pemilu 2019 di DIY capai 75 persen

id Hamdan

KPU Kota Yogyakarta mulai melakukan pengemasan kebutuhan logistik Pemilu 2019, khususnya bilik suara dan sampul (KPU Kota Yogyakarta)

 Yogyakarta  (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan persiapan logistik untuk pumungutan suara Pemilu 2019 di daerah setempat telah mencapai 75 persen.
       
"Persiapan logistik sebagian besar sudah, sisanya tinggal 25 persen yang masih menunggu dari Jakarta," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY Hamdan Kurniawan di Yogyakarta, Kamis.
         
Hamdan mengatakan sebagian besar logistik untuk pemungutan suara Pemilu 2019 telah disalurkan oleh KPU RI ke kabupaten/kota di DIY pada 2018. Logistik itu di antaranya mencakup kotak suara, bilik suara, tinta, hingga segel.
       
"Untuk perlengkapan pemungutan suara misalnya ban lengan KPPS serta saksi, pulpen, alat, dan alas coblos, serta sejumlah perlengkapan pokok di TPS lainnya diadakan sendiri oleh KPU kabupaten/kota," kata dia.
       
Sementara itu, untuk pengadaan sampul, surat suara, serta berita acara pemungutan dan penghitungan suara di TPS telah disiapkan oleh KPU DIY pada 2018. 
       
Sedangkan pengepakan surat suara, menurut Hamdan, diperkirakan dimulai pada Februari  dan berakhir hingga Maret, atau April 2019.
     
 "KPU DIY saat ini tinggal proses untuk pengadaan formulir untuk berita acara baik di tingkat TPS, PPK, sampai KPU Kabupaten/kota," kata dia.
       
Seluruh proses pengadaan logistik Pemilu 2019, menurut dia, sudah dilaksanakan sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 tahun 2018 tentang Pengadaan Logsitik Pemilu 2019.
       
Hamdan memastikan saat pemungutan suara Pemilu 2019 di DIY akan menerapkan pemilihan umum yang inklusif dengan TPS yang mudah akses serta merangkul para pemilih berkebutuhan khusus.
         
Kendati demikian, untuk logistik pemilih penyandang disabilitas seperti template surat suara model braile, menurut dia, masih menunggu pengadaan dari KPU RI.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar