Disdikpora integrasikan PPDB daring 2019 dengan Dapodik

id PPDB 2019,Gunung Kidul

Kepala Disdikpora Kabupaten Gunung Kidul Bahron Rasyid. (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memberlakukan Penerimaan Peserta Didik Baru 2019 daring yang terintegrasi dengan data pokok kependidikan sehingga memudahkan sekolah dalam penerimaan siswa baru.

Kepala Disdikpora Gunung Kidul Bahron Rasyid di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan pihaknya terus mengembangkan PPDB daring yang terintegrasi dengan data pokok pendidikan (Dapodik) yang mudah digunakan.

"Awalnya dilakukan 2017, namun ada beberapa kendala lantaran masih memakai aplikasi google maps. Pada 2018 dilakukan "geo taking" untuk membantu sekolah dalam penitikan lokasi," katanya.

Ia mengatakan, aplikasi tersebut akan memudahkan proses pendaftaran karena sekolah tidak lagi membuka berkas dan cukup memasukkan NIK sudah bisa mengetahui lokasi siswa serta jarak dengan sekolah.

"Sistem PPDB yang diterapkan di Gunung Kidul dengan yang diterapkan di tempat lain sedikit berbeda karena PPDB dilakukan secara daring sekaligus zonasi yang sudah diintegrasikan dengan dapodik," katanya.

Bahron mengatakan dengan sistem tersebut mendapat tanggapan positif dari beberapa wilayah yang ingin mengaplikasikan hal serupa.

"Ada lima kabupaten eks Kedu seperti Temanggung, Wonosobo, Magelang yaitu terkait dengan PPDB, baik itu secara daring maupun sistem zonasi. Mereka ingin mendapatkan informasi lebih dalam," katanya. ***3***

Pewarta: Sutarmi
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar